Kamis, 13 Juni 2024

Anggota DPRD Palembang Akbar Alfaro Bersyukur Ratusan PKL Pasar 16 Dapat Kepastian Dua Tahun ke Depan

Anggota DPRD Palembang Akbar Alfaro Bersyukur Ratusan PKL Pasar 16 Dapat Kepastian Dua Tahun ke Depan

Palembang, mediasumatera.id– Kalangan DPRD Kota Palembang Sumatera Selatan bersama pihak eksekutif Kota Palembang berhasil mengurangi rasa nelangsa dan derita para Pedagang 16 Ilir, saat lapak dagangan mereka harus direlokasi tak jauh dari gedung atau lapak awal mereka mencari nafkah.

Kepastian tersebut didapat usai musyawarah bersama antara pedagang, Kepala PD Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal serta Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin dan Ketua Komisi 2, Abdullah Taufik bersama Akbar Alfaro, Senin (3/7/2023).

Akbar Alfaro menyampaikan ungkapan rasa syukurnya karena musyawarah menghasilkan keputusan yang melegaka semua pihak.

“Alhamdulillah, dalam forum mediasi di Komisi II DPRD Kota Palembang, dari beberapa rangkaian aksi dan mediasi kita sebelumnya, akhirnya saudara-saudara kita para pedagang ini sudah mendapat kepastian. Yaitu, tetap dapat berdagang selama paling tidak dua tahun ke depan, mencari nafkah,” ujar Akbar Alfaro penuh rasa syukur.

Anggota DPRD Kota Palembang ini menambahkan, semua ini adalah berkah dari win win solusi. “Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak Walikota dan kawan-kawan pedagang Pasar 16 Ilir yang terus berjuang untuk keluarga,” tambah politisi muda itu lagi.

Meski sempat mengalami beberapa kali deadlock, rapat sejak pukul 14.00 hingga pukul 21.30 WIB itu akhirnya selesai dan membuahkan hasil terbaik hingga akhirnya massa pun membubarkan diri.

Namun demikian, lanjut kandidat Walikota Palembang itu lagi, beberapa perwakilan pedagang yang turut dalam rapat tersebut menyatakan suka tak suka harus menerima lantaran disediakan lapak secara gratis.

Sementara itu, ratusan pedagang, baik ibu-ibu ajak anak serta pedagang laki-laki tak lelah menunggu kepastian di halaman parkir Gedung DPRD Kota Palembang hingga larut malam.

Baca Juga :  Para Pedagang Pasar Kuto Menolak Pembongkaran Dan Relokasi Pasar

“Kami terpaksa menyetujui dipindahkan ke bagian depan (gedung Pasar 16 Ilir Palembang) dengan akomodasi dari PD Pasar secara gratis selama dua tahun,” ungkap Erlina salah seorang perwakilan Pedagang, Senin (3/7/2023).

Ya suka tidak suka, lanjut Erlina, tidak ada keputusan lain kami harus menerima. Kami akan direlokasi dan ditata rapi sesuai aturan berlaku. Namun ingat selama dua tahun Revitalisasi Gedung Pasar 16 itu gratis bagi pedagang.

Sedangkan Kepala PD Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal mengatakan, bahwa revitalisasi gedung Pasar 16 itu dilakukan selama dua tahun. Sehingga para pedagang direlokasi ke bagian depan halaman gedung.

“Sebanyak 149 lapak pedagang akan kita siapkan. Terkait mekanisme retribusi dan sebagainya nanti akan dibahas kedepannya,” ungkapnya mengakhiri.