Sabtu, 24 Februari 2024

BENCANA TANAH LONGSOR DI KECAMATAN PAKKAT MENGAKIBATKAN DUA ORANG MENINGGAL DUNIA

BENCANA TANAH LONGSOR DI KECAMATAN PAKKAT MENGAKIBATKAN DUA ORANG MENINGGAL DUNIA

Humbahas, mediasumatera.id – Tingginya Curah hujan Telah terjadi bencana longsor di Dusun Tahuis Desa Hauagong Kecamatan Pakkat, Kab. Humbang Hasundutan, Selasa 21 Nopember 2023 pukul 06.30 WIB.

Bencana Tanah Longsor yang begitu sangat besar yang Kita perkirakan dalam kasat mata ketinggian 50 MTR dan lebar 30 mtr kurang lebih mengakibatkan Dua Pintu Rumah korban terseret Tanah Longsor bersama penghuni ikut terseret Tanah longsor diantaranya adalah Ibu Poibe Tamba meninggal akibat tertimbun Tanah bersama mertuanya Nurhayanti Hutagalung sama -sama meninggal tertimbun Tanah longsor, Begitu juga Anak anak yang sudah siap siap mau berangkat ke sekolah ikut terseret oleh Tanah longsor, Namun tuhan masih memberi jalan hidup walaupun mengalami luka luka dan sampai saat ini dikatakan masih perawatan medis di RSUD Dolok sanggul diantaranya adalah Reno Simamora, Irfan Simamora, Mutiara Simamora, Ruben Niko Simamora, Lindung Simamora, Sere Helena Simamora, Sandy Simanjuntak.

Untuk Epakuasi Korban Nampak Ketua PAC Kecamatan Pakkat , Sahat P Parhusip bersama Anggotanya dan Ketua SPSI Hotmider Purba ikut serta dalam mengepakuadi korban bencana Tanah longsor bersama dengan warga se Kecamatan Pakkat , dan juga data kerusakan
Rumah korban sementara terdiri dari 3 (tiga) rumah warga dengan kondisi rusak parah yang kami himpun bersumber dari kepala Desa Adolf Friska P Marbun .

Sekaitan bencana alam tersebut, Wakil Bupati Humbahas bersama BPBD dan Dinkes dan Dinas terkait lainnya turun ke lapangan untuk menangani bencana Longsor dan menangani para korban serta mempersiapkan kebutuhan seperti menurunkan excavator untuk mengevakuasi korban yang belum ditemukan dan normalisasi daerah terdampak longsor. Dinas PKP untuk segera membantu penyediaan air bersih serta Dinas Sosial untuk membuat dapur umum. Pemkab sudah melakukan penanganan yang serius terhadap korban bencana.

Baca Juga :  Beberapa Mahasiswa Unsri Terobos Pengawalan Ketat Gubernur Sumsel H. HERMAN DERU, S.H, M.M

Wakil Bupati Dr, Oloan Paniaran Nababan SH, MH menghimbau agar warga tetap waspada terhadap bencana longsor dan banjir karena saat ini musim penghujan yang berkepanjangan.