Rabu, 18 Agustus 2021 23:58 WIB

Crisis Centre Keuskupan Agung Palembang Lakukan Vaksinasi

Oleh : | Editor :
Dibaca :272 kali dibaca | Durasi baca : 2 Menit

MEDIASUMATERA.ID PALEMBANG : Guna memutus rantai penyebaran Covid-19 19 ( Herd Immunity ) kekebalan kelompok terbangun untuk semakin baik dan membantu percepatan target pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi, Crisis Centre Keuskupan Agung Palembang, Unika Musi Charitas, IKA   UKMC dan Kodim 0148 pada Rabu ( 18/8/2021 ) bertempat di kampus Unika Musi Charitas.  Sejak pagi 08.00-15.00 peserta yang sudah melakukan regretsi melalui link yang di sediakan panitia,  sebanyak 1200 peserta mengikuti vaksin tahap 1 dengan tertib, lancar dan tidak ada kendala. Crisis Center Covid-19 Keuskupan Agung Palembang (KAPal) merupakan sarana koordinasi dan konsolidasi umat Katolik KAPal dalam upaya membantu pemerintah dan pihak-pihak yang ingin menghadapi wabah virus corona. Menurut Juru Bicara Crisis Center Covid-19 KAPal RD Guido Suprapto yang hadir bersama Bapa Uskup Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Rm Felix Astono SCJ Vikjen KaPal,  DR Antonius Singgih Setiawan, SE, M.Si Rektor UKMC, Okta Priyadi Ketua IKA UKMC dan Kol Herry Setyono, S.Psi  Dandim 0148 Palembang pada saat pembukaan acara.

Crisis Centre Keuskupan Agung Palembang Lakukan Vaksinasi

Uskup Mgr Aloysius Sudarso SCJ  mengungkapkan, crisis center ini juga memfasilitasi kebutuhan petugas rumah sakit yang membutuhkan alat kesehatan, seperti masker, baju pelindung, dll. “Crisis center mencoba mengusahakan itu, walaupun tidak bisa memenuhi sepenuhnya,” ujarnya. Sedapat mungkin, kata Uskup, crisis center ikut membantu para petugas yang berada di garis depan, yang sangat berbahaya itu. “Para perawat, tenaga medis, dan sebagainya. Karena, untuk keluarga-keluarga yang berkarya di garis depan, mereka hidup dalam suasana yang menegangkan,” ungkap Uskup Sudarso. Dan kali ini Crisis Centre KaPal bersama UKMC dan Kodim0148 melaksanakan kegiatan vaksinasi tahap pertama bagi msyarakat Palembang. Crisis center juga mengundang umat untuk membantu penanganan virus corona  dalam bentuk donasi dana. Menurut Uskup, crisis center di Keuskupan Agung Palembang  telah berjalan dengan cukup baik.

Baca Juga :  FBBI Kembali Gelar Bakti Sosial, Masyarakat Sumsel Acungkan Jempol

Crisis Centre Keuskupan Agung Palembang Lakukan Vaksinasi

Uskup juga memberikan imbauan kepada seluruh umat Katolik, untuk sungguh-sungguh ikut memperjuangkan kehidupan masyarakat yang berada dalam ancaman ini. “Tetap tinggal di rumah, mematuhi prokes sesuai aturan pemerintah , memelihara kesehatan tetap prima, saling mendoakan satu sama lain sebagai umat beriman, mengikuti ibadat melalui live streaming,” ujarnya. “Entah yang berkaitan dengan ibadat, bagaimana dibuat supaya tidak ada massa yang berkumpul bersama-sama. Terkait kolaborasi pelaksanaan Vaksin saat ini CC Kapal dan Kodim 0148 Palembang memilih tempat di kampus UKMC Jalan Bangau Palembang dikarenakan tempat yang strategis, SDM yang siap, dan telah dua kali melaksanakan kegiatan serupa. Singgih Setiawan Rektor UKMC mengharapkan masyarakat Palembang untuk tidak takut mengikuti program vaksin yang diselenggarakan pemerintah saat ini guna memutus rantai penyebaran virus covid-19 ( Herd Immunity ) kekebalan kelompok terbangun untuk semakin baik dan mengeluarkan kita dari kondisi keterpurukan. Peserta Vaksinasi yang hadir  akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih dulu sebelum divaksinasi. Namun, jika dalam keadaan tidak sehat, maka petugas tidak akan menyarankannya untuk dilakukan vaksinasi. “Kita juga menghimbau, walaupun sudah divaksin sampai dua kali pun, prokes tetap harus dijaga. Jadi jangan anggap yang sudah vaksin bisa sebebas-bebasnya, itu juga tidak baik.”   Kata Romo Guido Suprapto saat dibincangi awak media (daris)

Komentar

News Feed