Jumat, 12 Juli 2024

Daftar Lima Kajari di Sumsel yang Dirombak Jaksa Agung, Ada juga Pejabat di Kejati Sumsel

Daftar Lima Kajari di Sumsel yang Dirombak Jaksa Agung, Ada juga Pejabat di Kejati Sumsel

Jakarta, mediasumatera.id – Jabatan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di lima kabupaten/kota di Sumsel dan pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumsel dirombak Jaksa Agung RI, Prof Dr Sanitiar Burhanuddin SH, MH.

Perombakan rotasi jabatan tersebut sesuai dengan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 121 Tahun 2024, tanggal 21 Mei 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural PNS Kejaksaan RI. Lalu,
Keputusan Jaksa Agung RI Nomor: KEP-IV523/C/05/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Struktural PNS Kejaksaan RI.

Terkait rotasi jabatan tersebut, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung), Ketut Sumedana mengakui, ada perombakan atau rotasi jabatan.

“Benar (ada rotasi jabatan), nanti saja pas dilantik statement-nya. Karena termasuk ada Kapuspenkum baru, Bapak Dr Harly Siregar dari Kajati Papua Barat,” ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis (23/5/2024).

Lima jabatan Kajari di kabupaten dan kota di Sumsel yang dirombak tersebut yaitu, Kajari PALI, Agung Arifianto, SH, MH yang menempati posisi baru sebagai Kepala Bagian Protokol dan Pengamanan Pimpinan pada Biro Umum Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejagung. Pengganti Agung adalah
Farriman Isandi Siregar, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur.

Kajari Muara Enim, Ahmad Nuril Alam, SH, MH menempati posisi baru sebagai Kajari Probolinggo. Pengganti Ahmad Nuril Alam adalah Rudi Iskandar, SH, MH yang sebelumnya menjabat Kajari Muko Muko.

Selanjutnya, Kajari Lubuklinggau, Dr Riyadi Bayu Kristianto, SH,MH menjadi Inspektur Muda Tindak Pidana Umum dan Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat II Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung. Pengganti Riyadi adalah Anita Asterida, SH, MM, MH, yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Tata Usaha pada Sekretariat Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung.

Baca Juga :  Atasi Permasalahan Insfrastruktur Dinas PUPR Palembang di Beri Apresiasi Oleh Walikota Harnojoyo

Lalu, Kajari Musi Banyuasin (Muba), Romy Rozali, SH, MM, menempati posisi baru sebagai Asisten Pembinaan pada Kejati Riau. Posisi Romy sekarang dipegang Roy Riady, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kajari Prabumulih. Untuk Kajari Prabumulih dipegang Khristiya Lutfiasandhi, SH, MH, yang sebelumnya Koordinator pada Kejati Jawa Timur.

Kemudian, Kajari Banyuasin, Agus Widodo, SH, MH, menjadi Asisten Pengawasan pada Kejati Lampung. Posisi Agus digantikan Raymund Hasdianto Sihotang, SH, MH yang sebelumnya menjabat Kajari Pesisir Selatan.

Selain untuk posisi Kajari, sejumlah pejabat di Kejati Sumsel yang dimutasi yakni, Abdullah Noer Deny, SH, MH dari Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Sumsel menjadi Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung. Pengganti Abdullah adalah Umaryadi, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Kajari Cirebon.

Wakil Kajati Sumsel, Herry Ahmad Pribadi, SH, MH, naik pangkat menjadi Kajati Maluku Utara. Pengganti Herry adalah Pipuk Firman Priyadi, SH, MH, yang sebelumnya menjabat Wakil Kajati Sulawesi Tengah.

Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sumsel, Dr Noordien Kusumanegara, SH, MH menempati posisi baru sebagai Kajari Humbang Hasundutan. Posisi Noordien ditempati Eko Yuristianto, SH, MH, yang sebelumnya sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Asisten Bidang Tindak Pidana Umum Kejati DI Yogyakarta.

Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumsel, Dr Erry Pudyanto Marwantono, SH, MH menjadi Inspektur Muda Tindak Pidana Umum, Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat I Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung. Pengganti Erry di posisi tersebut adalah Rachmad Vidianto, SH, MH, yang sebelumya menjabat Kajari Kota Bandung.

Kepala Seksi Perdata pada Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumsel, Erik Yudistira, SH, MH, pindah posisi menjadi Koordinator pada Kejati Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga :  Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut Dr Ir Junaidi Blokir WhatsApps Wartawan

Kepala Seksi Pertimbangan Hukum pada Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Sumsel, Chandra Kirana, SH, MH, menjadi Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Bengkulu.

Terakhir, Kepala Seksi Ekonomi dan Keuangan pada Asisten Bidang Intelijen Kejati Sumsel, Muhammad Faddly Hasibuan, SH, MH, MM menempati posisi baru sebagai Koordinator pada Kejati Bali.