Senin, 20 Desember 2021 15:27 WIB

Erick Thohir Tunjuk Pejabat Kemenkeu Jadi Komisaris BUMN Survei Sucofindo

Oleh : | Editor : Fitriani
Dibaca :417 kali dibaca | Durasi baca : 1 Menit

Media Sumatera, Online – Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Adi Budiarso jadi Komisaris BUMN bidang jasa survei, PT Sucofindo. Adi Budiarso merupakan Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan pada Badan Kebijakan Fiskal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Penunjukan Adi Budiarso sebagai Komisaris PT Sucofindo, menggantikan komisaris sebelumnya yakni Ilhamsyah. Hal itu disetujui dan ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung Kamis (16/12/2021).

“Pengangkatan Adi Budiarso dan pemberhentian dengan hormat Ilhamsyah sebagai Komisaris Sucofindo berdasarkan keputusan para pemegang saham Nomor: SK-402/MBU/12/2021 dan Nomor: 049/CORP/XII/2021,” demikian dinyatakan Corporate Office PT Sucofindo dalam pernyataan resmi, Senin (20/12/2021).

PT Sucofindo merupakan perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Saat ini, Sucofindo menjadi anak usaha dari Holding BUMN Jasa Survei, ID Survey. Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan, untuk membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara.

 

Erick Thohir Tunjuk Pejabat Kemenkeu Jadi Komisaris BUMN Survei Sucofindo

 

Wakil I Menteri BUMN Pahala N. Mansyuri meminta keberadaan Adi Budiarso di jajaran komisaris, bisa mendukung peningkatan kinerja Sucofindo, tak hanya di level lokal tapi juga global.

“Tantangan ke depan semakin besar sehingga Sucofindo harus menjadi perusahaan yang agile untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat bersaing baik di dalam negeri maupun pasar global,” ujar Wakil Menteri Erick Thohir itu, Senin (20/12/2021).

Adi Budiarso meraih gelar Master Akuntansi dari Marshall Business School, University of Southern California, AS pada 2001. Kemudian meraih gelar doktor (Ph.D) Administrasi Bisnis dari University of Canberra pada 2014. Pejabat Kemenkeu itu juga merupakan lulusan Harvard School of Public Policy pada 2019.

Baca Juga :  Polresta Deli Serdang Gelar Apel Pasukan Ops Zebra Toba 2021

Selain menjadi Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (PKSK) pada Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Adi Budiarso juga menjadi Ketua Komite Penasihat Indonesia CPA Australia periode 2019-2022.

Komentar