Sabtu, 19 Juni 2021 1:26 WIB

Marsiaman Saragih, SH Menyemangati Pelaku UMKM Di Kota Pematangsiantar

Oleh : | Editor : Junaidi Hutauruk
Dibaca :526 kali dibaca | Durasi baca : 1 Menit

MEDIASUMATERA.ID-PEMATANGSIANTAR : Bertempat di Siantar Hotel, Marsiaman Saragih, SH menghadiri acara Semarak Bulan Bung Karno yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar. Turut hadir anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Pematangsiantar dan Walikota Pematangsiantar Dr Herfriansyah SE, MM. (Selasa, 15 Juni 2021)

Marsiaman Saragih, SH merupakan anggota Komisi XI DPR RI dan juga menjadi Ketua Umum Partuha Maujana Simalungun (PMS) saat ini, diundang untuk menjadi narasumber pengembangan UMKM di Kota Pematangsiantar. Putra Parluasan Pematangsiantar ini, sehari sebelumnya (Senin, 14 Juni 2021) juga menjadi narasumber pengembangan UMKM dalam acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun di Pematang Purba.

Marsiaman Saragih, SH Menyemangati Pelaku UMKM Di Kota Pematangsiantar
Marsiaman Saragih SH, anggota Komisi XI DPR RI menyampaikan sambutan pada acara Semarak UMKM Bulan Bung Karno di Siantar Hotel Pematangsiantar Selasa 15 Juni 2021

Di hadapan 50 perwakilan UMKM Kota Pematangsiantar, Marsiaman Saragih, SH menegaskan pentingnya peran pelaku UMKM dalam perekonomian Indonesia. Menurut data, ada sekira 65 juta pelaku UMKM di Indonesia dengan serapan tenaga kerja sekitar 130 juta orang. UMKM juga terbukti merupakan usaha yang tahan krisis dan mandiri. Karena itu, pemerintah memberikan perhatian besar kepada UMKM.

“Program-program pemerintah terkait UMKM perlu disosialisasikan. Perijinan-perijinan harus disederhanakan.Kegiatan ini kami harapkan dapat membantu saudara-saudara mendapatkan informasi dan akses yang diperlukan dalam berusaha,” kata Marsiaman Saragih, SH.

Perwakilan Bank Indonesia Edhi Rahmanto Hidayat yang hadir mendampingi Marsiaman Saragih, SH memaparkan program Bank Indonesia terkait pengembangan ekonomi rakyat. Bank Indonesia memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang ditujukan untuk membantu pelaku ekonomi mikro, khususnya yang bergerak di bidang pangan, pengrajin, pengendalian inflasi, dan yang berorientasi ekspor. Mereka akan dijadikan mitra Bank Indonesia dan diberikan bantuan berupa peralatan, pengembangan manajemen usuha dan pemasaran.

Marsiaman Saragih, SH Menyemangati Pelaku UMKM Di Kota Pematangsiantar
UMKM Kopi

Di akhir acara, Marsiaman Saragih, SH mengunjungi lapak yang dibuka pelaku usaha UMKM di lokasi dan berdialog langsung dengan mereka. Di antara pelapak yang mendapat perhatian khusus dari Marsiaman Saragih, SH adalah UMKM Kopi yang akan didorong untuk mendapatkan akses ekspor. Marsiaman Saragih, SH juga memberikan perhatian khusus kepada pengrajin ulos. (Victor Panggabean)

Baca Juga :  Rektor UHNP Sanggam Siahaan Mengeluarkan SK-SK Ganjil

Komentar

News Feed