Kamis, 13 Juni 2024

Mengembangkan Talenta

Mengembangkan Talenta

Media Sumatera, Online – pada hari ini gereja katolik sejagat memperingati Santa Monika. Dan bacaan Injil hari ini dikisahkan Perumpamaan Tentang Talenta (Mat. 25: 14 – 30).

Dalam konteks bacaan Injil hari ini, talenta berarti sejumlah besar uang, yakni enam ribu dinar (1 dinar = gaji 1 hari orang Yahudi)

Hal tentang talenta ini disampaikan oleh Yesus dalam sebuah perumpamaan kepada para murid Nya: bahwa hal kerajaan Surga itu seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri. Oleh karena itu, ia memanggil para hambanya dan memercayakan hartanya kepada mereka.

Ada 3 orang hamba: yang seorang.diberi lima talenta, yang seorang lagi dua talenta dan yang seorang lain lagi satu talenta, masing-masing menurut kemampuannya. Sepertinya tuan dari para hamba itu sangat tahu benar kemampuan dari para hamba-nya, sehingga ketiganya diberi sesuai dengan kemampuannya. Dan harapan dari tuan para hamba itu, para yang dipercayakan itu bisa mengelola atau mengolah talenta yang dipercayakan oleh tuan mereka.

*Namun, sayangnya hanya dua orang yang bisa memperoleh laba dari sejumlah talenta yang diberikan, sedangkan satu orang yang diberi satu talenta tidak menghasilkan laba alias tetap satu talenta. Hamba yang tidak memperoleh laba ini disebut oleh tuannya sebagai hamba yang jahat dan hamba yang malas*.

Bagaimana dengan kita? *Dalam konteks kita, talenta berarti bakat. Bahwa Tuhan telah menganugerahkan kepada setiap kita manusia talenta atau bakat atau kemampuan. Dan tentunya kita pun dianugerahi talenta atau bakat atau kemampuan yang berbeda beda.

Namun, tugas kita adalah mengembangkan talenta atau bakat atau kemampuan yang Tuhan anugerahkan kepada tiap -tiap kita, dengan belajar terus dan terus belajar. Jangan pernah berhenti untuk belajar, untuk berkreativitas, berinovasi dan berwirausaha. Dan jika kita berhenti untuk belajar, untuk berkreativitas, berinovasi dan berwirausaha, itu berarti kita akan sama nasibnya dengan hamba yang jahat dan yang malas dalam bacaan Injil hari ini, yakni dibuang, ke dalam kegelapan yang paling gelap karena tidak berguna.

Baca Juga :  Penjara Tak Bikin Jera, Pemkab Muba Inisiasi Bangun Balai Rehabilitasi Narkotika

Maka, *mari belum ada kata terlambat bagi kita untuk mengembangkan talenta, bakat atau kemampuan yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Dan ingatlah pula bahwa talenta atau bakat atau kemampuan yang kita miliki adalah untuk memuliakan Tuhan melalui pelayanan kepada sesama*.