Kamis, 13 Juni 2024

Merah Mata Kampung Laos Banyuasin, Keuntungan Rp 50 Juta Perhektar

Merah Mata Kampung Laos Banyuasin, Keuntungan Rp 50 Juta Perhektar

Media Sumatera, Online. Banyuasin – Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I merupakan kampung laos (Lengkuas) yang ada di Bumi Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin. Sabtu (27/8/2022) hari ini, Desa tersebut di kunjungi Bupati Banyuasin H Askolani bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Merah Mata Kampung Laos Banyuasin, Keuntungan Rp 50 Juta Perhektar

Masyarakat setempat menanam laos, selain perawatannya mudah, juga menghasilkan keuntungan yang lumayan besar sekitar Rp 50 juta per hektar. Dan menanam laos ini juga sebagai wujud implementasi dari 12 gerakan bersama masyarakat yakni gerakan menanam sayur (Gertas) yang digaungkan Bupati H Askolani dan Wabup H Slamet untuk mendukung visi misi Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera.

” Kualitas Laos (lengkuas ) di lahan ini sangat baik pak Gubernur. Laos juga ketika berumur 8 bulam sudah bisa di panen dengan modal lebih kurang Rp 12 juta /hektar bisa meraup keuntungan sekitar Rp 50 juta/hektar, ” Jelas Bupati H Askolani kepada Gubernur HD.

Bupati Askolani juga menambahkan tanaman Laos juga berfungsi untuk menambah penghasilan perekonomian masyarakat karena mudah di budidayakan dan tanpa perawatan yang memerlukan biaya besar.

” Saya berharap dengan kami datang, saya bersama Pak Gubernur Sumsel H Herman Deru bisa menjadi pemicu bagi petani Laos untuk lebih giat lagi dan memanfaatkan lahan mereka agar lebih produktif, “tegasnya.

Ditambahkan Bupati Askolani, dengan 12 gerakan bersama masyarakat terutama sektor pertanian seperti gerakan tanam sayur (Gertas), Gerakan masyarakat Beternak Unggas (Gemar Tugas), Kebun buah-buahan (Pulauan Bueh), Gerakan Pemeliharaan ikan Rakyat (Gerbang Perak), dan Gerakan tanam rempah dan obat (Tobaru) berdampak angka kemiskinan di Banyuasin turun. ” Disaat daerah lain angka kemiskinan naik karena pandemi covid, alhamdulillah dengan gerakan ini angka kemiskinan di Banyuasin turun. Artinya gerakan ini memiliki dampak positif terhadap ekonomi masyarakat, “tandasnya.

Baca Juga :  PENDERITA TUMOR DI HIDUNG, BUTUH PERHATIAN DARI PEMKAB OGAN ILIR