Rabu, 12 Juni 2024

Merajut Kebhinekaan Menyelami Budaya dan Cita Rasa Negeri Pada Proyek P 5 SD Xaverius 2 Palembang

Merajut Kebhinekaan Menyelami Budaya dan Cita Rasa Negeri Pada Proyek P 5 SD Xaverius 2 Palembang

mediasumatera.id – Mengahkhiri tahun pelajaran 2023/2024 SD Xaverius 2 Palembang, Yayasan Mardi Wiyata Sekolah di bawah naungan Frater Bunda Hati Kudus yang berlokasi di Jalan Kolonel Atmo 4 Palembang pada Jumat, (7/6/2024) mengadakan kegiatan Pergelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan salah satu ciri khas dari kurikulum merdeka. Kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian Profil Pelajar Pancasila yang mengacu pada standar kompetensi lulusan proporsi penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 20 % beban belajar per tahun. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelepasan purnabakti bapak / ibu guru yang telah memasuki pension yaitu Andreas Sukristiadi, FA Budiyana dan Maria Charitas.

Merajut Kebhinekaan Menyelami Budaya dan Cita Rasa Negeri Pada Proyek P 5 SD Xaverius 2 Palembang
Fr M Herman BHK kepala Yayasan Mardi Wiyata sub Palembang melalui ketua panitia pergelaran Merajut Kebhinekaan di SD Xaverius 2 Palembang Yuliana Sutarti menjelaskan bahwa Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel baik muatan maupun waktu pelaksanaan secara muatan proyek harus mengacu pada capaian Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran.

Merajut Kebhinekaan Menyelami Budaya dan Cita Rasa Negeri Pada Proyek P 5 SD Xaverius 2 PalembangPada kegitan yang berlangsung terlihat semua anak-anak dari kelas 1 sampai kelas 6 mengenakan pakaian budaya nusantara. Setiap kelas menampilkan aneka seni budaya seperti tarian, lagu , pentas seni, musik angklung dan parade. Selain itu juga ditampilkan hasil kreasi anak anak berupa lukisan, hiasan dinding, seni lipat, hasil prakarya dan partisipasi anak dan orang tua dalam menhasilkan wirausaha dengan berjualan kuliner dihalaman sekolah.

Merajut Kebhinekaan Menyelami Budaya dan Cita Rasa Negeri Pada Proyek P 5 SD Xaverius 2 Palembang

Dra. Ana Yohana selaku Kepala SD Xaverius 2 Palembang dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai salah satu satuan pendidikan yang melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka dalam melaksanakan kegiatan proyek P5 dengan mengusung tema kewirausahaan di semester 1 dan kearifan lokal di semester 2 di dalam kedua tema tersebut peserta didik diperkenalkan dan diajarkan serta dilatih untuk berwirausaha tentang keluarga sayur-mayur pembuatan jamu makan kain perca makanan khas Palembang serta seni dan budaya Palembang.

Baca Juga :  Mabes Polri Gelar Grand Final MTQ, Dua Anggota Polda Sumsel Dapatkan Juara

Merajut Kebhinekaan Menyelami Budaya dan Cita Rasa Negeri Pada Proyek P 5 SD Xaverius 2 Palembang Pada akhir semester 2 proyek P5 di SD Xaverius 2 dilakukan dengan mengadakan pagelaran muatan profil pelajar Pancasila dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik kesenian dan budaya Sumatera Selatan khususnya Palembang manfaatkan barang-barang bekas untuk bisa diolah kembali dan melatih peserta didik untuk mencintai kesenian dan budaya lokal di Indonesia.