Selasa, 29 September 2020 17:21 WIB

Pemandu Pariwisata Zona Dataran Tinggi di Sertifikasi

Oleh : | Editor : Junaidi Hutauruk
Dibaca :665 kali dibaca | Durasi baca : 2 Menit

MEDIASUMATERA.ID – SUMATERA UTARA : Sebanyak 100 Peserta Pelatihan Dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia Pariwisata Zona Dataran Tinggi, yang berasal dari 7 Kabupaten Kota yang mengelilingi Danau Toba yaitu Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi. Pelatihan dan sertifikasi yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, hasil kerja sama dengan DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Sumatera Utara beserta Lembaga Sertifikasi Pelatihan Pramuwisata Indonesia (LSP Pramindo) Jakarta.

Pemandu Pariwisata Zona Dataran Tinggi di SertifikasiPelatihan Dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia Pariwisata, Zona Dataran Tinggi Se Kawasan Danau Toba diadakan di Hotel Niagara Parapat pada tanggal 28-30 September 2020. Pelatihan dan sertifikasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara Ria Nofida Telaumbenua. Dalam kata sambutannya, Ria menyampaikan agar peserta sertifikasi bersungguh-sungguh mengikuti uji sertifikasi. Karena menurutnya pemandu wisata yang handal dan berkompeten adalah ujung tombak dari suatu daerah untuk menyampaikan ke khalayak berbagai hal keindahan dan kearifan lokal sesuai daerah asal masing-masing peserta.

Sebelumnya seluruh panitia dan peserta Pelatihan Dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia Pariwisata Zona Dataran Tinggi Se Kawasan Danau Toba, menjalankan Protokol Kesehatan selama kegiatan dan pemeriksaan rapid test. Sesuai dengan peraturan panitia, peserta yang nantinya terdeteksi dengan hasil rapid test “reaktif,” tidak akan diperkenankan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi mencegah penyebaran Pandemi Covid-19. Dan selama kegiatan berlangsung, penerapan adaptasi kebiasaan baru juga diberlakukan. Setiap peserta diwajibkan menggunakan masker, face shield, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak.

Pemandu Pariwisata Zona Dataran Tinggi di SertifikasiMenurut Ketua HPI DPD SUMUT Kus Endro, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi mengenai percepatan program pemerintah di 10 destinasi pariwisata super prioritas dimana Danau Toba merupakan salah satunya.

Baca Juga :  Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Terima Bantuan Beras dari Gubernur Sumsel dan Melalui DPP Gencar Indonesia

Maka diperlukan pemandu-pemandu wisata yang handal dan berkompeten. Hendro menyampaikan, “Kita harus bersyukur dan jangan sampai menyianyiakan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah melalui pelatihan dan sertifikasi ini. Khususnya mempersiapkan pemandu wisata yang legal dan sudah tersertifikasi. Inilah modal untuk kita, kembali membangkitkan pariwisata di Sumatra Utara yang sempat mati suri akibat Pandemi Covid-19. Dengan melahirkan pemandu-pemandu yang berkompeten yang memahami segala hal persiapan hingga kebutuhan pengunjung yang datang ke Kaldera Toba.”
Jery Lumban Gaol juga sebagai Perseta kegiatan tersebut dan ketua HPI Cabang Humbang Hasundutan menambahkan bahwa sertifikasi BNSP ini juga untuk meningkatkan kualitas serta mengisi waktu produktif bagi Pemandu wisata yang selama ini terdampak. covid-19.
(Swandi Lumban Gaol)

Komentar

News Feed