Minggu, 14 Juli 2024

Silahturahmi PJ Walikota Palembang Minta PDAM Tirta Musi yang Mengalirkan Air Yang Siap Minum

Silahturahmi PJ Walikota Palembang Minta PDAM Tirta Musi yang Mengalirkan Air Yang Siap Minum

Palembang, mediasumatera.id – Silaturahmi Pj Walikota Palembang, Dr. A. Damenta meminta PDAM Tirta Musi kedepan siap mengalirkan air yang siap minum. Untuk tahap awal adalah dengan mengatur zona yang bisa dialiri air siap minum. Yang meninjau di Kantor PDAM Tirta Musi Palembang, Selasa, (2/7/2024).

Dr.A.Damenta mengatakan, misi ke depan ini adalah membuat zonasi bagaimana layanan dasar termasuk air bisa hadir di masyarakat.Intinya buka kran langsung minum. Tapi ini visi ke depan untuk menuju satu abad pengelolaan PDAM. Dan semuanya sudah berjalan bagus. Serta Manejemen sudah bagus, tinggal mengembangkan itu serta tetap secara zonasi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk pengelolaan terkait masalah air ini harus melibatkan stakeholder terkait pemerintah society dan masyarakat sendiri.Masyarakat harus terlibat, karena harus bisa merawat air juga secara lestari. Pendekatannya adalah hayati dan lestari, jadi jangan buang sampah sembarangan. Sehingga air harus dihargai dan pemerintah juga harus hadir dalam hal pengolahan sampah. Saat ini memanfaatkan menggunakan kantong-kantong yang sudah ada. Sama-sama kita menjaga kalau airnya bagus diolah di sini langsung cepat juga pengelolaannya,” tuturnya.

PJ Walikota Palembang menuturkan, adalah dengan segera membuat zonasi itu untuk visi ke depan di kota Palembang. Sehingga ada zona-zona yang mana yang bisa dialiri air langsung minum nanti. Jadi ada jangka pendek, jangka panjang dan jangka menengah.
Terus pertahankan pelayanan yang ramah. Kita senang tingkat partisipasi masyarakat untuk membayar juga bagus,” ucapnya. Saat di tanya catatan khusus kepada PDAM Tirta Musi Palembang

Di tempat yang sama , Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, kinerja PDAM Tirta Musi itu sudah bagus dan akan ditingkatkan lagi.
Bapak PJ Walikota minta ada program jangka panjang untuk supaya kita ada zona untuk air siap minum.

Baca Juga :  Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA Berikan Perhatian Khusus Bagi Warga Muba Dampak Pandemi Covid-19

” kalau di instalasi itu tadi sudah disaksikan pak PJ Walikota airnya bisa diminum langsung dari keran.Itu standar kita harus siap minum. Tapi permasalahannya ada di jaringan, karena ada jaringan kita yang bocor, tidak dialiri 24 jam. Sehingga air dari luar masuk ini harus kita perbaiki,” ucapnya.

Lanjutnya, Prioritasnya yang sudah 24 jam pengalirannya seperti di Polygon. Kita mungkin 2 tahun lagi bisa melakukan persiapan ini. Polygon itu karena sudah dialiri 24 jam dan terisolir dari aliran lain. Kita lakukan bertahap, karena masih banyak daerah lain yang belum dialiri air PDAM.

“Untuk masyarakat di himbau adalah hemat air,dan harus ada penampungan. Karena kami belum bisa selalu 24 jam mengaliri rumah masyarakat,” pungkasnya.