Rabu, 12 Juni 2024

Sosok Simon Aloysius Mantiri, Orang Dekat Prabowo Jadi Komisaris Utama Pertamina Gantikan Ahok

Sosok Simon Aloysius Mantiri, Orang Dekat Prabowo Jadi Komisaris Utama Pertamina Gantikan Ahok

Jakarta, mediasumatera.id – Simon Aloysius Mantiri telah ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang dilaksanakan pada Senin, 10 Juni 2024.

Sosok Simon Aloysius Mantiri
Simon Aloysius Mantiri merupakan putra Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara.

Ia dikenal sebagai orang dekat calon presiden terpilih Prabowo Subianto.

Saat kontestasi Pilpres 2024, ia menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam hal karier, berdasarkan hasil temuan dalam LinkedIn, Simon Aloysius Mantiri adalah Personal Assistant to The CEO PT Nusantara Energy.

Di masa kampanye Pemilu 2024, Simon Mantiri bersama istrinya Priscilia Waworuntu ditugaskan turun langsung ke Sulawesi Utara.

Mereka berdua menjadi penggagas sejumlah kegiatan kampanye Prabowo Gibran.

Sebut saja senam Gemoy yang diberlangsung di beberapa daerah. Lalu ikut mendampingi langsung saat kedatangan kedua Kakak Prabowo di Langowan.

Hingga saat Prabowo Subianto pulang ke Sulawesi Utara, kedekatan Simon dan Prabowo begitu jelas terlihat.

Simon bahkan mendampingi seaat Prabowo menyapa masyarakat di Langowan. Serta saat kampanye di Lapangan KONI Sario, Senin (5/2/2024).

Kedatangan Prabowo saat itu menjadi yang paling luar biasa. Masyarakat berdiri di sepanjang jalan, bahkan Lapangan Langowan dan KONI bak lautan manusia.

Seakan menjawab kerinduan masyarakat Bumi Nyiur Melambai untuk memberikan dukungan langsung terhadap sang Tuama Minahasa sebelum terpilih menjadi Presiden RI.

Gantikan Ahok
Simon Aloysius mengisi jabatan Komisaris Utama Pertamina yang cukup lama telah kosong, pasca ditinggal Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok.

Diketahui, Ahok mengundurkan diri dari perusahaan migas pelat merah pada Februari 2024. Tepatnya, jelang Pemilu Presiden 2024-2029.

Baca Juga :  Diduga Korban Tabrak Lari, Wanita Pejalan Kaki Tewas Ditempat

Ditunjuknya Simon Aloysius menjadi Komisaris Utama Pertamina dibenarkan oleh Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

“Iya betul (Simon Aloysius Komisaris baru)” ungkap Fadjar saat dikonfirmasi, Senin (10/6/2024).

Berdasarkan keterangan yang beredar, keputusan ini berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang dilaksanakan pada Senin, 10 Juni 2024.

Kementerian BUMN selaku pemegang saham memutuskan untuk melakukan perubahan pada susunan Dewan Komisaris Pertamina.

“Pemegang Saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina, serta menugaskan Bapak Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina,” ungkap keterangan tertulis yang beredar.

Berikut ini susunan Dewan Komisaris Pertamina pasca Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang dilaksanakan Senin, 10 Juni 2024.

Komisaris Utama dan Independen: Simon Aloysius Mantiri
Komisaris Independen: Condro Kirono
Komisaris : Heru Pambudi
Komisaris: Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono
Komisaris Independen: Alexander Lay
Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris Independen: Iggi H. Achsien