Senin, 22 Juli 2024

Universitas MDP Berjaya Di Kontes Robot Indonesia 2024

Universitas MDP Berjaya Di Kontes Robot Indonesia 2024

Surakarta, mediasumatera.id – Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 kembali hadir untuk menginspirasi dan memacu semangat inovasi di kalangan generasi muda Indonesia. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini berlangsung dari jadwal sosialisasi KRI 2024 pada 5 Februari 2024 hingga pelaksanaan tingkat Nasional pada 1 hingga 6 Juli 2024 yang diadakan di Universitas Muhamadiyah Surakarta secara luring.

Universitas MDP Berjaya Di Kontes Robot Indonesia 2024

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di wilayah Republik Indonesia, dari berbagai K/L atau kedinasan, yang tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. KRI 2024 diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Universitas MDP Berjaya Di Kontes Robot Indonesia 2024

KRI 2024 merupakan ajang kompetisi bergengsi yang mempertemukan tim-tim robotic terbaik dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari beberapa kategori, yaitu: Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI Humanoid), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Universitas MDP Berjaya Di Kontes Robot Indonesia 2024

Universitas MDP sebagai salah satu Universitas yang mempunyai program studi Teknik Elektro juga turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini, Universitas MDP mengikuti 2 kategori yaitu Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan keduanya berhasil lolos ketingkat Nasional dengan robot yang disiapkan bertanding pada KRBAI diberi nama Marine Belido 2.0. Sedangkan yang akan diturunkan untuk KRSRI yaitu robot MDP_Engine_Bot.
Sebelum bertanding ketingkat nasional tim robot Universitas MDP harus mengikuti rangkaian pertandingan tingkat wilayah terlebih dahulu yang di mana wilayah sendiri dibagi menjadi 2 yaitu wilayah 1 dan wilayah 2.

Baca Juga :  Polsek Lubuk Pakam Bagikan Bansos Kepada Masyarakat Yang Terdampak Kenaikan Harga BBM

Universitas MDP Berjaya Di Kontes Robot Indonesia 2024

Pada babak pelaksanaan KRI wilayah 1 Universitas MDP mendapatkan peringkat pertama dengan berhasilnya robot bawah air Marine Belido 2.0.dengan pembimbing Bapak Ali Zainal Abidin, S.T., M.T.

Tentu sebuah prestasi yang sangat membanggakan untuk Universitas MDP yang ditambahhanya Universitas MDP yang berhasil maju ke babak Nasional untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia 2024 di tingkat Nasional.