Jumat, 27 Mei 2022 16:31 WIB

Uskup Agung Kunjungi Biara dan Beberapa Stasi dalam Rangkaian Kegiatan di Muara Bungo

Oleh : | Editor : Fitriani
Dibaca :384 kali dibaca | Durasi baca : 2 Menit

Media Sumatera, Online – Paroki St. Paulus Muara Bungo Jambi merupakan salah satu paroki yang berada di dalam reksa pastoral Keuskupan Agung Palembang. Keuskupan ini melayani umat yang tersebar di tiga provinsi di Pulau Sumatera, yaitu Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

Perjalanan dari pusat keuskupan di Kota Palembang menuju paroki ini dibutuhkan waktu sekitar 12 jam perjalanan darat menempuh jarak 480 km.

Dari Palembang perjalanan mengarah ke Jambi menyusuri jalur Lintas Timur Sumatera menuju Simpang Tempino. Di Simpang Tempino perjalanan kemudian berpindah jalur menuju ke Muara Bungo yang berada di jalur Lintas Tengah Sumatera.

Dalam perjalanan dari Simpang Tempino menuju Muara Bungo para pelintas akan melewati beberapa kota atau daerah seperti Bajubang, Muara Bulian, Muara Tembesi, Sungai Rengas, Sungai Bengkal dan Muara Tebo.

 

Uskup Agung Kunjungi Biara dan Beberapa Stasi dalam Rangkaian Kegiatan di Muara Bungo
Mgr. Harun bersama umat di salah satu stasi milik Paroki Muara Bungo

Pada Sabtu hingga Senin, 21-23 Mei yang lalu, Bapa Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono berkenan mengadakan kunjungan pastoral ke paroki ini. Agenda utama dalam kunjungan ini adalah penerimaan Sakramen Krisma, pelantikan dan serah terima jabatan pastor kepala paroki yang baru serta pemberkatan gedung gereja Stasi St. Thomas Rimbo Bujang XV.

Di sela agenda tersebut, Bapa Uskup juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Biara Suster Jeanne Delanoue (SJD) yang berada di tengah kompleks  Pasar Atas Muara Bungo. Di Muara Bungo para suster SJD ikut ambil bagian dalam karya pelayanan Gereja melalui asrama putri, kunjungan serta pendampingan umat dan pastoral pendidikan di sekolah Xaverius. Kongregasi yang berpusat di Prancis ini hadir di Keuskupan Agung Palembang sejak tahun 1975. Selain di Muara Bungo, kongregasi ini juga memiliki sejumlah biara yang berada di beberapa kota lainnya, yaitu Jambi, Curup-Bengkulu, dan Yogyakarta.

Baca Juga :  Federasi Buruh Indonesia (FBI) Kota Palembang Angkat Bicara Soal Pekerja Yang Di PHK Sepihak Oleh PT. Lambang Azas Mulia Selaku Rekanan PT Elnusa Petrofin.

 

Uskup Agung Kunjungi Biara dan Beberapa Stasi dalam Rangkaian Kegiatan di Muara Bungo

Dalam kesempatan kunjungan ini Bapa Uskup juga mengunjungi dan menyapa keluarga para imam yang berasal dari wilayah Alai Ilir, Muara Tebo, yaitu keluarga Bapak Thomas Waridjo (orangtua Rm. Petrus Sugiarto SCJ), keluarga alm. Bapak Paulus Suyono (orangtua Rm. Benediktus Mulyono SCJ) dan keluarga Bapak Kasimin (orang tua Rm. Petrus Sukino dan Rm. Thomas Sagino).

 

Uskup Agung Kunjungi Biara dan Beberapa Stasi dalam Rangkaian Kegiatan di Muara Bungo

Selain mengunjungi Biara SJD dan keluarga para imam di wilayah Alai Ilir, Muara Tebo, Mgr. Yohanes juga mengunjungi dan menyapa komunitas umat yang ada di wilayah ini, yaitu Stasi St. Thomas Rimbo Bujang XV, Stasi St. Maria Blok E, Stasi St. Aloysius Blok F, dan Stasi St. Maria Muara Tebo.

 

Uskup Agung Kunjungi Biara dan Beberapa Stasi dalam Rangkaian Kegiatan di Muara Bungo

Dalam kesempatan kunjungan itu Mgr. Yohanes menyampaikan harapannya kepada umat. Bapak Uskup berharap  agar umat terus bersemangat menghidupi iman, membangun persaudaraan dan menjaga persekutuan agar semakin kokoh serta tak lelah memberi teladan kesaksian hidup yang baik dalam kehidupan bersama di tengah masyarakat.

Ada sukacita dan kegembiraan terpancar dalam perjumpaan tersebut. Sang Gembala Agung datang mengunjungi dan menyapa umatnya. Semoga sapaan ini meneguhkan seluruh umat untuk menjadi saksi Kristus lewat aneka perjumpaan, pengalaman  dan perjuangan hidup mereka setiap hari.

Komentar