Kamis, 26 Agustus 2021 12:46 WIB

Vaksin BIAS di SDK Frater Xaverius 2  Palembang oleh Puskesmas Dempo

Oleh : | Editor :
Dibaca :417 kali dibaca | Durasi baca : 2 Menit

MEDIASUMATERA.ID-PALEMBANG : Anak usia Sekolah dasar atau sederajat merupakan salah satu sasaran program imunisasi yang dilaksanakan dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS ). Semua ini dimaksudkan untuk meningkatkan kelancaran, efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan BIAS di seluruh wilayah Indonesia pada masa Pandemi Covid-19. Kamis ( 26/8/2021) Puskesmas Dempo Palembang melaksanakan BIAS yang sasarannya anak-anak kelas 1 di SDK Frater Xaverius 2  di Jalan Kolonel Atmo 4 Palembang. Sejak pagi pukul 07.30 antusias sebanyak 84 siswa dengan diantar orang tuanya berbaris antri mematuhi protokol kesehatan sudah datang untuk mendapatkan imunisasi.

Kegiatan ini dalam rangka mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang telah dinyatakan sebagai pandemi oleh Badan Kesehatan Dunia dan ditetapkan sebagai bencana nasional non alam di Indonesia oleh Presiden, Pemerintah menerbitkan berbagai aturan atau protokol. Khusus bagi anak-anak sekolah, telah ditetapkan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tertanggal 15 Juni 2020. Kementerian Kesehatan RI menggalakkan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) tiap Agustus hingga November. Vaksin yang diberikan dalam kegiatan tersebut adalah vaksin campak untuk anak kelas 1 SD,  dalam Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. “ Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD utama di SDK Frater Xaverius 2 Palembang terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.” Ungkap Fr Innocentius BHK , S.Pd

Vaksin BIAS di SDK Frater Xaverius 2  Palembang oleh Puskesmas Dempo

 Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut. “ Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.”  terang  drg Novi Artati Plt Kepala Puskesmas Dempo Palembang saat melakukan imunisasi di SD Xaverius 2 Palembang.

 Pemerintah sangat berharap jika imunisasi BIAS ini dilakukan secara rutin. Mengingat banyaknya virus sekarang ini yang seringkali menyerang anak-anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Instansi pendidikan setara SD sampai SMP menjadi tempat yang rentan penyebaran virus ini. Namun, sekolah juga menjadi tempat paling strategis dalam mencegah penyebaran virus-virus ini. Selain itu, program imunisasi gratis ini juga mendapat dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF). Tidak hanya itu saja, secara global pun upaya memerangi wabah campak dan rubella dapat mencapai pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).  (daris )

Baca Juga :  Menyambut Peringatan HUT Ke-75 Bhayangkara, Polresta Deli Serdang Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Komentar

News Feed