Jumat, 21 Juni 2024

2 Pangdam Diganti, Mayjen TNI Richard Tampubolon Jadi Irjenad

2 Pangdam Diganti, Mayjen TNI Richard Tampubolon Jadi Irjenad

Media Sumatera, Online. Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Empat Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat di Aula A.H. Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

Salah satu Pati TNI Angkatan Darat yang dilantik adalah Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon. Jenderal Bintang Dua TNI Angkatan Darat yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura itu kini secara resmi menempati jabatan barunya sebagai Irjenad menggantikan Letjen TNI Rudianto dalam upacara Sertijab tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Jenderal Dudung juga menyerahkan jabatan Pangdam XVI/Pattimura dari Mayjen TNI Richard Tampubolon kepada Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.

Selain itu, Kasad juga menyerahkan jabatan Pangdam VI/Mulawarman dari Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso kepada Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan jabatan Kadislibangad dari Brigjen TNI Terry Tresna Purnama kepada Kolonel Inf Jajat Sudrajat.

Dalam amanatnya Jenderal Dudung berpesan kepada para Pati TNI AD yang baru saja dilantik menempati jabatan barunya agar senantiasa memperhatikan kesejahteraan prajurit atau anak buah yang dipimpinnya dalam menjalankan tugas.

“Seorang pemimpin harus mempunyai rasa memiliki, karena rasa memiliki ini muncul apabila seorang pemimpin memiliki rasa persaudaraan, kebersamaan dan rasa penderitaan antara pimpinan dengan bawahan dimanapun bertugas dan berada,” kata Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam keterangan resmi yang diterima , Jum’at, (15/07/2022).

2 Pangdam Diganti, Mayjen TNI Richard Tampubolon Jadi Irjenad

 Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman pimpin Sertijab Pati TNI AD

Jenderal Dudung menambahkan, disadari atau tidak rasa memiliki akan memberikan pengaruh terhadap perilaku dan sikap seseorang, dimana orang yang merasa memiliki terhadap sesuatu akan berbeda dengan orang yang tidak merasa memiliki, ibaratnya memiliki rasa seperti apa yang dirasakan oleh prajurit TNI di Papua yang serba kekurangan, keterbatasan dan rasa rindu akan keluarganya.

Baca Juga :  Puskosipa Puskopdit Handriya Sanggraha Sumsel Adakan RAT XXIX

“Kita harus merasakan itu, kita juga sebagai pimpinan pernah merasakan itu. Nah rasa ini setiap saat harus dirasakan, sehingga akan muncul rasa memiliki antara pimpinan dengan bawahan dimanapun berada dan bertugas,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad juga mengucapkan selamat kepada pejabat baru. Menurutnya, jabatan merupakan kehormatan, oleh karenanya jangan pernah ragu-ragu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan pimpinan.

Kepada pejabat lama, Jenderal Dudung selaku pimpinan tertinggi TNI Angkatan Darat juga mengucapkan terima kasih karena telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan berpesan agar menjaga nama baik TNI Angkatan Darat.