Sabtu, 24 Februari 2024

6 Mahasiswa Universitas ST Bhinneka Project Base Di Lubuk Pakam

6 Mahasiswa Universitas ST Bhinneka Project Base Di Lubuk Pakam

Deli Serdang, mediasumatera.id – 6 Mahasiswa Universitas Satya Terra Bhinneka, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan project base di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (29/10/2023) siang.

Keenam mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan Prodi Agribisnis Dewi Tri, Cindy Afrilia, Nazwa Alia Cinta, Mayang Aulia, Aloysius Nainggolan dan Dhio Hatihan Lumban Gaol

Keenam mahasiswa yang melakukan project base ilmu sosial dan budaya dasar itu terbagi dalam dua kelompok dengan masing-masing kelompok 3 mahasiswa. Para mahasiswa melakukan wawancara terhadap salah satu tokoh masyarakat tentang definisi konsep kemajemukan budaya dan mengapa hal itu penting dalam masyarakat. Lalu bagaimana globalisasi telah mempengaruhi budaya dan hubungan masyarakat. Dampak teknologi informasi dan media sosial terhadap interaksi sosial dan komunikasi antar individu.

Kemudian bagaimana perbedaan budaya dapat mempengaruhi komunikasi lintas budaya dan apa yang dapat dipelajari dari situasi tersebut. Selanjutnya bagaimana teori konflik dan teori konsensus dapat diterapkan dalam menganalisa masalah sosial dalam masyarakat.

6 Mahasiswa Universitas ST Bhinneka Project Base Di Lubuk Pakam

Selain itu, mahasiswa juga mempertanyakan tokoh masyarakat bagaimana melihat peran ilmu sosial dalam memecahkan masalah sosial seperti ketidaksetaraan, diskriminasi atau konflik etnis. Tentang perubahan sosial dan dampaknya terhadap masyarakat. Pengalaman berpartisipasi dalam sebuah acara budaya atau festival, bagaimana pendidikan dapat mempengaruhi pemahaman tentang budaya dan toleransi terhadap perbedaan, dan terakhir bagaimana pandangan tentang isu-isu sosial berkaitan dengan keseteraan gender dan diversitas seksual.

Sementara kelompok lainnya mempertanyakan bagaimana mendefinisikan konsep keadilan sosial dan apa yang dapat dilakukan untuk mencapainya dalam masyarakat. Bagaimana melihat peran budaya dalam membentuk identitas individu.

Pendapat tentang diversitas budaya dan bagaimana hal tersebut dapat memperkaya masyarakat. Apakah percaya bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan pada budaya saat ini, tentang teori identitas dan bagaimana hal itu terkait dengan ilmu sosial.

Baca Juga :  Peduli Karang Taruna, Pj Bupati Muba H Apriyadi Dianugerahi Satya Lencana Aditya Karya Mahatva Yodha

Kemudian bagaimana budaya mempengaruhi pola berpikir dan perilaku individu dalam masyarakat. Apa peran penting ilmu sosial dalam memahami perubahan sosial dalam masyarakat. Contoh konsep sosiologi yang relevan dalam kehidupan sehari-hari, perubahan teknologi telah mempengaruhi interaksi sosial dan budaya dalam kehidupan sehari-hari, dan bagaimana menghadapi atau berinteraksi dengan orang dari orang yang berbeda.

6 Mahasiswa Universitas ST Bhinneka Project Base Di Lubuk Pakam

Seluruh pertanyaan dari mahasiswa dijawab oleh tokoh masyarakat dengan baik. Sebelum undur diri, keenam mahasiswa mengucapkan trimakasih kepada tokoh masyarakat. “Kami dari mahasiswa Universitas ST Bhinneka mengucapkan terimakasih atas waktu dan jawaban dari tokoh masyarakat,” tutur Cindy Afrilia, Dewi Tri yang diamini mahasiswa lainnya.(LG)