Jumat, 12 Juli 2024

Ajang F1 Powerboat 2024 Tim Taput Juara Lomba Solu Bolon Dan Samosir Juara Runner Up

Ajang F1 Powerboat 2024 Tim Taput Juara Lomba Solu Bolon Dan Samosir Juara Runner Up

Balige, mediasumatera.id – Ajang F1 Powerboat 2024, juga menggelar kejuaraan nasional lomba dayung tradisional asal Sumatera Utara dinamakan Solu Bolon.

Lomba Solu Bolon perlombaan tradisional dari Sumatera Utara, dipertandingkan untuk memenangkan piala bergilir, Menpora RI, kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono saat gelar temu pers di Venue Utama F1 Powerboat 2024 Danau Toba, di Balige, Provinsi Sumatera Utara. Sabtu (2/3/2024).

Maya mengaku, Powerboat 2024 Danau Toba sengaja mengadakan turnamen internasional dengan kebudayaan lokal dengan tari-tarian.

Lomba Solu Bolon itu, diikuti oleh delapan peserta perwakilan tiap kabupaten di kawasan Danau Toba, 8 kabupaten tersebut yakni Kabupaten Toba, Tapanuli Utara (Taput), Samosir, Humbang Hasundutan, Simalungun, Dairi, Pakpak Barat dan Kabupaten Karo.

Babak penyisihan dan semifinal Solu Bolon, telah berlangsung Sabtu (2/3/24). Lintasan lomba dimulai dari garis start di kawasan pantai Danau Toba hingga garis finish di venue Powerboat.

Pada babak penyisihan, tim Taput mengalahkan tim Toba, tim Samosir menang atas Humbang Hasundutan, tim Simalungun menang dari Dairi dan tim Karo menang atas tim Pakpak Barat.

Babak semifinal, tim Taput menang atas Simalungun, dan tim Samosir menang atas tim Karo. Peringkat 3 diraih tim Simalungun yang unggul atas team Karo.

Laga final hari ini, Minggu (3/3/2024), Taput juara 1 Solu Bolon setelah mengalahkan team Samosir

Team Solu Bolon diawaki 14 orang yang terdiri dari 10 pendayung, 1 kemudi, 1 dramamer dan 2 orang cadangan. Sorak sorai ribuan penonton dari pinggir pantai membuat riuh dan banyak taat kala solu bolon mencapai garis finish.(LG)

Baca Juga :  Wagub Mawardi Yahya Apresiasi Pelantikan BMIWI Sumsel Diketuai dr. Hj. Halipah, SpTHT, MM