Sabtu, 24 Februari 2024

Dr Sulaiman Helmi Dosen UBD Lounching dan Bedah Buku : Jelajahi Dunia Digital Marketing

Dr Sulaiman Helmi Dosen UBD Lounching dan Bedah Buku : Jelajahi Dunia Digital Marketing

mediasumatera.id – Pergeseran dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital telah menjadi fenomena yang sangat signifikan dalam dunia bisnis saat ini. Dr Sulaiman Helmi,SE.,M.M Ketua program studi Manajemen S2 Universitas Bina Darma Palembang melaunching dan membedah buku yang ditulisnya berjudul “Digital Marketing” pada Jumat, (19/1/2024) bertempat di Palembang Indah Mall (PIM) dengan dimoderatori oleh Dr Rahma Santhi Zinaida pada acara Brand and Marketing bersama Indonesia Marketing Assosiasiation Chapter Palembang.

Dr Sulaiman Helmi Dosen UBD Lounching dan Bedah Buku : Jelajahi Dunia Digital Marketing

Melalui tema “Marketing Festival & Outlook 2024“. Helmi selaku penulis buku Digital Marketing saat menyampaikan penjelasannya tentang buku yang ditulisnya mengajak kita semua untuk berpikir sederhana bahwa tren masa kini terkait digital marketing sangat dibutuhkan. Banyak paltform digital marketing tapi jarang dari sisi akademik. Makanya di buku referensi ini, buku hasil penelitian yang dibukukan. Ada 300an peneliti yang dijadikan suatu buku, jadi tema yang sama yang dirangkum jadi buku. Buku Digital Marketing yang tebalnya 285 halaman terdiri 15 bab yang berisi antara lain dinamika digital marketing, peran digital marketing dalam era digital, perilaku konsumen di era digital, strategi konten digital, social media marketing mobile marketing, keamanan dan etika dalam digital marketing , masa depan digital markting dll. Artinya kekuatan digital marketing tidak hanya dilihat dari eksternalnya saja. sebab kekuatan digital marketing pada data. Maka bagaimana kita bisa mengembangkan data yang dimiliki untuk mempengaruhi konsumen.

Tantangan utama yang dihadapi bisnis dalam era digital tentu saja persaingan yang semakin ketat. Hal mana bagi yang punya data tapi tidak bisa memanfaatkan, atau produsen tidak punya data. Akibatnya tidak sinkron. apalagi medsos berfungsi sebagai communicatolion platform dan e-commerce. Dari sisi pendekatannya, seluruh aplikasi sosmed terkait digital marketing baik, pasti ada plus minusnya. Misalnya saat tiktok dilarang penjualannya, penurunan terjadi 100 persen. Jadi hampir minus. Oleh sebabitu pendekatan marketingnya tergantung bagaimana memilih marketingnya, konsumennya, dan lainnya.

Baca Juga :  UU Cipta Kerja Disahkan, BKPM Minta Pemodal Besar Bermitra dengan UMKM

Nefri Ryu salah satu peserta bedah buku menanyakan kepada penulis tentang bagaimana media massa di era digital saat ini. Dicontohkan oleh Helmi yaitu bisa belajar dari Tiktok yang riset bertahun-tahun. Yang mana konsumen malas membaca. Akhirnya pendekatan bikin video. Ada lagu dan tulisan. Sudah harus berinovasi seperti itu. “ Jika media massa di online-kan sangat tidak efektif. Karena pesaing lain sudah menggabungkan dari text dan video simpel, jelas dan cepat. Maka media massa harus bisa berinovasi melihat peluang pasar yang tepat. “ kata Helmi.

Dr Sulaiman Helmi Dosen UBD Lounching dan Bedah Buku : Jelajahi Dunia Digital Marketing

Dr Santhi Zinaida selaku moderator bedah buku dan lounching buku “ DIGITAL MARKETING“ saat menambahkan penjelasan dikatakan bahwa kebutuhan yang dipercaya digital marketing saat ini adalah ke portal berita. Media massa bisa efektif menjual produk . Digital marketing sudah merambah sinetron. Bukan pemasaran tapi promosi di awarness nya. (Insert iklan).

Yenni, owner Pempek Cek Molek dan Ketua Asosiasi Pempek di Palembang juga menyampaikan bagaimana melakukan marketing empek-empeknya, dalam melakukan promosi menggunakan artis terkenal , namun semua artis teersebut tidak ada yang dibayar, karena menggunakan kekuatan yang dipegangnya adalah networking. Hubungan relasi dari teman ke teman. Tidak hanya itu saja, yang paling penting adalah kualitas produk kita bagus.

Dr Sulaiman Helmi Dosen UBD Lounching dan Bedah Buku : Jelajahi Dunia Digital Marketing

Herlina. Owner Pia Chang, Saat memberi penjeasan mengenai marketing yang dilakukan yaitu dahulu masih sangat konvensional. Namun saat ini telah masuk ke sosial media dan platform. Tindak lanjutnya lebih modern. 2024 ini dan akan lebih fokus untuk digital marketing.

Buku Digital Marketing karangan Dr Sulaiman Helmi,SE.,MM dengan editor Zaid Amin.M.Kom.,P.hD cocok untu mahasiswa, pengusaha dll, dan sangat membantu menguasai strategi digital untuk mencapai keberhasilan dalam dunia usaha di era digital saat ini yang terus berkembang dan berubah, maka bagi anda yang mau berubah paradigma digital marketing wajib memiliki buku ini

Baca Juga :  Selangkah Lagi, PLTU Raksasa PTBA-China Huadian Alirkan Listrik