Sabtu, 24 Februari 2024

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

Jakarta, mediasumatera.id  – SAHABAT NUSA, bersama dengan Lingkar Mahasiswa Jakarta Raya (LIMAJAYA), dengan bangga mengumumkan pelaksanaan turnamen futsal prestisius “NEXT GEN NUSA CUP.” Acara ini diinisiasi dengan semangat kebangsaan yang tinggi, bertemakan “Semangat Nusantara: Bersatu dalam Olahraga.”

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

Turnamen futsal “NEXT GEN NUSA CUP” ini merupakan wujud kolaborasi antara SAHABAT NUSA dan LIMAJAYA. Dua kelompok entitas yang memiliki peran krusial dalam mendukung pemuda Indonesia dalam berbagai aspek.

Turnamen ini diharapkan dapat menjadi panggung bagi para pemuda berbakat untuk menunjukkan keterampilan mereka di dunia olahraga, khususnya futsal. Maksud Turnamen Futsal “NEXT GEN NUSA CUP” adalah untuk memberikan wadah mahasiswa Jakarta Raya, untuk mengekspresikan dan mengembangkan bakat dalam olahraga futsal, sekaligus mempromosikan semangat persaudaraan dan nilai-nilai positif di kalangan mereka.

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

“Kami ingin menciptakan pengalaman olahraga yang bermakna, di mana kompetisi sehat dan semangat kebersamaan beriringan untuk memajukan prestasi dan kualitas hidup mahasiswa,” kata Ketua Pelaksana yang merupakan perwakilan dari LIMAJAYA, Karim Rahayaan, Sabtu (7/10/2023) saat sambutan pembukaan di Goedang Futsal, Cipinang Besar, Jakarta Timur.

Kata dia, acara yang berlangsung 7-8 Oktober 2023 ini, juga memiliki tujuan membangkitkan semangat kebersamaan dan persatuan di antara pemuda-pemuda Indonesia. Dimana Futsal dipilih sebagai medium olahraga yang populer yang mampu membangun kerjasama, sportivitas, dan karakter positif.

“Turnamen ini bertujuan untuk menjadi panggung bagi mahasiswa Jakarta Raya untuk berkompetisi dan mengasah keterampilan mereka dalam futsal. Turnamen ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih prestasi dan penghargaan dalam bidang olahraga,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Sahabat Nusa Farid Sudrajat mengatakan, dalam suasana kompetisi yang sehat, turnamen ini tidak hanya memungkinkan mahasiswa untuk mengekspresikan bakat. Kata dia, para remaja saat futsal juga ikut membangun jaringan sosial yang kuat dan mempromosikan nilai-nilai positif serta semangat kebangsaan.

Baca Juga :  Biden Berencana Manfaatkan Cadangan Minyak untuk Mengendalikan Harga Gas

“Kami berharap turnamen ini akan menjadi wahana untuk mempromosikan nilai-nilai positif seperti semangat kebersamaan, sportivitas, dan semangat kebangsaan di kalangan mahasiswa,” ucap Nusa Farid yang sekaligus membuka pertandingan dengan menendang bola ke-gawang.

Kata dia, acara ini melibatkan tim-tim futsal dari berbagai perguruan tinggi dan Universitas yang ada di DKI Jakarta. Para peserta akan bersaing untuk meraih gelar juara dan memperebutkan hadiah menarik.

Sebanyak 32 Tim (Kampus) dengan format pertandingan terdiri dari babak penyisihan, seperti : 16 besar, Perempat final, Semifinal dan Final dengan jumlah waktu 1 pertandingan 2×15 menit dengan menggunakan Sistem Gugur.

“Adapun total hadiah mencapai puluhan juta rupiah untuk Juara 1 – 3, Juara Harapan, Pemain Terbaik, Top Score, dan Kiper Terbaik. Selain itu ada juga beberapa hadiah gram emas untuk Supporter terbaik saat menyemangati tim kesayangannya,” imbuh Nusa Farid.

Seiring berjalannya waktu pertandingan dari babak penyisihan, semua tim bermain dengan semangat yang membara untuk meraih kemenangan hingga sampailah pada babak final.

Sebelum pertandingan final dimulai, ada 2 (dua) tim yang bertanding untuk meraih juara 3 yang kemudian dimenangkan oleh tim futsal Universitas Negeri Jakarta. Tibalah pada pertandingan final yang memukau dari tim Sekolah Tinggi Agama Islam Sadra melawan tim futsal dari Universitas Trisakti yang kemudian dimenangkan oleh tim futsal Universitas Trisakti.

Akhirnya turnamen futsal “NEXT GEN NUSA CUP” resmi ditutup oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia Putri Khairunnissa.

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

“Sebagai Ketua Umum DPP KNPI, saya mengapresiasi setinggi-tingginya upaya yang telah dilakukan oleh SAHABAT NUSA dan Lingkar Mahasiswa Jakarta Raya (LIMAJAYA) dalam menyelenggarakan turnamen futsal “NEXT GEN NUSA CUP,” kata Putri sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Presiden Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Empat Tokoh dan Tanda Kehormatan kepada Para Nakes yang Gugur

Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk memajukan olahraga di kalangan pemuda, tetapi juga merupakan langkah positif dalam membangun produktivitas dan melatih jiwa saing yang sportif di antara generasi muda Indonesia. Keterlibatan pemuda dalam kegiatan olahraga seperti ini tidak hanya memberikan pengalaman penting seperti kerjasama, semangat kompetitif, dan sportivitas.

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

“Saya yakin bahwa pengalaman ini akan menjadi bekal berharga bagi para peserta untuk menjelajahi masa depan mereka dengan kreativitas, semangat sportif, dan sikap kompetitif yang positif.” tambahnya.

“Semoga “NEXT GEN NUSA CUP” ini menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam berbagai bidang. Mari kita terus mendukung kegiatan-kegiatan positif yang mendorong perkembangan positif generasi muda kita. Selamat kepada semua peserta, panitia, dan pendukung atas kesuksesan turnamen ini, dan mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia.” pungkasnya.

NEXT GEN NUSA CUP: Semangat Nusantara Menyatukan Pemuda dalam Turnamen Futsal Berskala Nasional

Penyerahan hadiah kepada tim yang menjadi juara pada turnamen futsal “NEXT GEN NUSA CUP” diserahkan kepada tim Universitas Trisakti sebagai Juara 1, Sekolah Tinggi Agama Islam Sadra Juara 2, Universitas Negeri Jakarta menempati Juara 3, dan Politeknik Negeri Jakarta berkesempatan sebagai Juara Harapan. Tidak ketinggalan juga hadiah menarik untuk Pemain Terbaik, Top Score, Kiper Terbaik, Juga ada beberapa gram Emas untuk Supporter terbaik selama pertandingan berlangsung.