mediasumatera.id – Universitas MDP Palembang melangsungkan Seminar bertajuk “Chat GPT for Marketer “ pada Selasa (11/6/2024). Bertempat Aula Lantai 5 Kampus A Jln Rajawali No.14 Palembang dengan menghadirkan narasumber Aditya D Putra,S.Kom founder Subsdaily, Al Transformation Traainer & Consultant, Mentor National 1000 Starup, Praktisi Kampus Merdeka dan Herry Widagdo, ST, MT dosen Universitas MDP dengan moderator Faradila Meirisa, SE, MM yang dihadiri sekitar 300 orang dari segenap pimpinan dan mitra MDP, mahasiswa, rektorat dan dosen MDP serta tamu undangan.
Rektor, Dr Johannes Petrus, S.Kom, MTI, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa perkembangan kecerdasan buatan, termasuk Chat GPT. Menurutnya, kemajuan yang terjadi pada kecerdasan buatan, berjalan sangat cepat. Maka kita saat ini perlu mengetahui penggunaan Chat GPT dalam marketing maupun yang lainnya. Bagaimana menggunakannya dan bagaimana yang harus dilakukanserta antisipasinya. Perlu disadari teknologi dapat menunjang proses pertambahan pengetahuan. Untuk itu, ia mengajak hadirin agar melek terhadap teknologi seraya menggunakannya dengan penuh tanggung jawab. Terlebih bagi akademisi di Universitas MDP wajib untuk menguasai teknologi yang tidak dapat diabaikan begitu saja, dengan pengguaannya secara benar.
“ Saat kecil kita belajar berjalan, kemudian belajar lari, sekolah belajar lagi, sampai kita saat ini berada di garis depan kemajuan teknologi, penting bagi kita sebagai kalangan akademis untuk tetap mengikuti perkembangan ini dan memahami indikasinya. Serta menggunakannya dengan baik dan benar juga bertanggung jawab,” ujar Johanes.
Herry Widagdo, ST, MT pada sesi pertama materinya menyampaikan tentang teknologi yang tumbuh cepat sekali. Chat GPT menyuguhkan kemudahan dalam mengakses apapun, pelaku usaha dapat menggunakan Chat GPT sebagai solusi mengatasi pemasaran. Namun Widagdo juga mengingatkan agar selalu mempertimbangkan etika dalam menyertai kemajuan teknologi.
Aditya D Putra,S.Kom dalam Seminar membeberkan kiat-kiat penggunaan Chat GPT dalam marketing, di mana chat GPT saat ini sangat familier di masyarakat dan mudah diakses. Masyarakat dapat mendelegasikan kebutuhan marketing untuk konten pemasaran, strategi planing marketing, mencari target audien baru dll, artinya dapat mempermudah hidup manusia. Namun perlu juga disadari bahwa beberapa pakar memberikan pandangannya mengenai pro dan kontra Chat GPT di Perguruan Tinggi. Berharap pelaku akademis dapat mendapatkan gambaran serta terinspirasi dalam penggunaan Chat GPT secara bertanggung jawab di dunia akademis. dan memastikan penggunaan alat bermaksud untuk meningkatkan potensi manusia melalui kolaborasi dan komitmen kepada pengetahuan. Manusia dapat memanfaatkan inovasi dan potensi teknologi sepenuhnya untuk kemajuan masyarakat.