Selasa, 23 Juli 2024

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Palembang, mediasumatera.id – Rabu, (06/3/2024) bertempat di Ballroom Asisi Charitas Hospital Jalan Jendral Sudirman Palembang, diselenggarakan Pengukuhan Pengurus Yayasan Rumah Sakit Charitas dan Yayasan Abdi Karya Charitas serta penandatanganan kerjasama (MOU) dengan Yayasan Santo Lukas Ambon Maluku yang membawahi tiga Rumah Sakit..

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Pengukuhan pengurus Yayasan Rumah Sakit Charitas dan Yayasan Abdi Karya Charitas masa bakti 2024-2029 dilangsungkan dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Palembang Romo Yohanes Kristianto bersama Uskup Emiritus Mgr Aloysius Sudarso,SCJ, Romo Kusmaryanto,SCJ, Romo Suwanto,SCJ, dan Romo Jimmy. Acara ini dihadiri sekitar lebih dari seratus orang jajaran direksi, pengurus, dan karyawan, Yayasan Abdi Karya Charitas serta Yayasan Rumah Sakit Charitas, serta tamu undangan lainnya.

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Kongregasi Suster-suster Santo Fransiskus Charitas (F.Ch)
Tepat 9 Juli 1926, lima suster dari Kongregasi Suster Santo Fransiskus Charitas Roosendaal berlabuh di Pelabuhan Boom Baru, Palembang. Mereka adalah Sr. M Raymunda Hermans, Sr. M Willhelmina Blesgraaf, Sr. M Caecilia Luyten, Sr. M Alacoque van der Linden, Sr. M Chatarina Koning. Kelima suster ini menjadi pioneer karya rumah sakit Charitas di Palembang dan seiring waktu berkembang, sekarang memiliki 9 cabang rumah sakit dan 3 klinik. Dikelola oleh Yayasan Rumah Sakit Charitas dan Yayasan Abdi Karya Charitas. Yayasan ini merupakan badan hukum yang mengelola karya kesehatan milik Keuskupan Agung Palembang dan milik Kongregasi Suster-suster Santo Fransiskus Charitas (FCh). Yayasan ini lahir, karena tuntutan regulasi dunia kesehatan. Yayasan Abdi Karya Charitas didirikan karena adanya regulasi perundang-undangan nomer 44 tahun 2009 bahwa sebuah Rumah Sakit Swasta hanya menangani perumahsakitan saja, Sehingga klinik-klinik yang di bawah naungan Charitas Hospital selanjutnya membentuk yayasan sendiri. Unit kesehatan itu adalah Klinik Charitas Pasang Surut, Klinik Charitas Lidwina Palembang, Klink Charitas Fransiskus Palembang, Klinik Charitas Kartini Banyuasin, Klinik Charitas St. Maria Tugumulyo, Klinik Charitas Prima Medika Palembang, Praktik Perawat Charitas Tanjung Sakti, dan Praktik Dokter Charitas Abdi Waluyo Belitang. Keseluruhan unit kesehatan ini tergabung dalam manajemen Charitas Group.

Baca Juga :  Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Kasdam, Danrem 023/KS dan 7 Pamen

“Bermula adanya beberapa regulasi yang mengharuskan didirikannya yayasan baru ini, undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit. Dikatakan bahwa rumah sakit yang didirikan oleh swasta harus berbentuk badan hukum, yang kegiatannya hanya bergerak di bidang perumahsakitan. Sedangkan klinik-klink di bawah Yayasan (Rumah Sakit) Charitas yang mengurus kegiatan operasional, dituntut mempunyai badan hukum sendiri,” jelas Sr. M. Patricia, F.Ch selaku Ketua Pembina Yayasan.

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Yayasan Rumah Sakit Charitas ini merupakan badan hukum yang mengelola karya kesehatan sesuai dengan SK: 04/Pembina yayasan/ RS Charitas/III/2024 dengan Ketua Pengurus Sr. M. Henrika,F.Ch; Sekretaris Sr.M. Isodora,F.Ch; Bendahara Sr.M.Albertin,F.Ch dan anggota Sr.M.Anselina,F,Ch. Sedangkan Pengurus Yayasan Abdi Charitas adalah ketua Sr. M.Ancelina,F.Ch, sekretaris Sr M Isodora F.Ch, Bendahara Sr. M Albertin, F.Ch anggota Sr M Henrika, F,Ch

Mgr Aloysius Sudarso dalam homilinya berharap agar para pengurus Yayasan yang baru dilantik dapat melayani dengan pribadi yang beriman secara komunikatif, andal, sinergis, inovatif dan hangat, menjadi pelayan mengabdi dengan setia, bertanggung jawab, dan rendah hati. Para pengurus agar dapat berkontribusi professional, rajin, stabil, setia, berorientasi yang detil, fokus dan konsisten melayani dengan semangat hati.

“Gereja harus hadir dalam masalah-masalah kemanusiaan, maka Rumah Sakit Charitas ini sebagai ungkapan gereja menanggapi mereka terutama yang sakit menderita dan mengeluh datang kepada kita. Sebagai pemimpin pada zaman ini harus mampu melayani menghadapi generasi-generasi yang berbeda dalam pelayanan, yang penting kita bisa menjadi jembatan dan menyelami setiap generasi dapat melayani kesehatan di rumah sakit ini “ ungkap Mgr Sudarso.

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Sr. M. Henrika, F.Ch berharap bahwa karya pelayanan dibawah Yayasan Rumah Sakit Charitas agar dimampukan oleh Allah dalam pesona kasih dilakukan dengan penuh keramah-tamahan, kasih sayang, tidak merasa tinggi dari siapapun dan menyeluruh. Kehadiran Rumah Sakit Charitas di tengah masyarakat hendaknya membuat kelegaan, suka cita dan kesembuhan serta melayani sepenuh kasih, sesuai dengan misi Rumah Sakit Charitas dalam melayani Tuhan, masyarakat, bangsa dan melayani kongregasi dalam karya-karyanya.“ Pelayanan ini bukan karena aku melainkan kehendak Tuhan, “ ungkap Sr. Henrika.

Baca Juga :  Jumat Curhat, Kapolresta Deli Serdang Duduk Bersama Warga

“Melayani dengan semangat rendah hati, sehingga yang datang tidak takut, tapi mempercayakan diri ke pelayanan kita. Sebagai abdi, jangan merasa diri tinggi dari siapapun yang kita layani. Kita adalah pelayan yang harkat dan martabatnya sama dengan yang kita layani,” pesannya.

Sr.M.Henrika,F.Ch Dikukuhkan Ketua Yayasan Rumah Sakit Charitas Palembang

Kerjasama dengan Yayasan Santo Lukas Ambon
Romo Jemmy Balubun,MSC dari Keuskupan Amboina mewakili Yayasan Santo Lukas Ambon mengungkapkan akan kerjasama dengan Rumah Sakit Charitas Palembang Dengan motto pelayanan Kasih komunikatif, andal, semangat, inovatif, dan hangat maka melayani harus dengan kerendahan hati member pelayanan kepada siapapun. Kasih Tuhan hadir melalui kita yang terlibat di dalamnya. Kerendahan hati, kesetiaan luar biasa melaksanakan tugas yang luar bisa.Terlebih pelayanan dan kerjasama tentang pendampingan manejemen, organisasi dengan Yayasan Santo Lukas Ambon Maluku yang membawahi tiga Rumah Sakit.