Sabtu, 24 Februari 2024

Tekan Inflasi, Camat Sako Amiruddin Sandy Ajak Warga Tanam Cabai Di Rumah

Tekan Inflasi, Camat Sako Amiruddin Sandy Ajak Warga Tanam Cabai Di Rumah

Palembang, mediasumatera.id 

Melonjaknya harga cabai di pasar kota Palembang mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Palembang, untuk menstabilkan harga cabai dan mengurangi laju inflasi Pj Walikota Palembang Drs. H. Ratu Dewa M.Si menginstruksikan seluruh instansi mulai dari tingkat Kecamatan sampai Kelurahan untuk menggalakkan kembali Gerakan Menanam Cabai di setiap RT RW dan rumah masyarakat.

Selain bertujuan untuk menstabilkan harga cabai dan mengurangi inflasi, Gerakan menanam cabai ini secara tidak langsung membantu masyarakat agar dapat memproduksi cabai untuk di konsumsi sendiri. Gerakan menanam cabai ini rencananya akan dilombakan oleh Pj Walikota Palembang dalam rangka program Kampung Tanggap Inflasi atau Kampung Cabai tingkat Kecamatan.

Saat dibincangi awak media, Dr. Amiruddin Sandy S.STP., M.Si mengatakan, Gerakan menanam cabai Kampung Tanggap Inflasi atau Kambung Cabai ini secara teknisnya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing Kecamatan dalam hal mencari bantuan bibit cabai ke BUMN dan BUMD.

“Jadi kami diberikan kebebasan untuk mendapatkan bibit cabai, seperti tadi kami mendapat bantuan dari UPTD pertanian dimana kami dikasih 100 bibit cabai. Selain itu saya intruksikan ke Lurah untuk mendatangi dan mendata rumah-rumah warga yang sudah punya tanaman cabai secara produktif dirumah masing-masing, serta memerintahkan atau mengharapkan atau menyarankan kepada ketua RT RW dirumahnya punya tanaman cabai,” Ujar Camat Sako, Selasa (03/11/2023).

Lanjutnya, Pegawai yang tinggal di wilayah Kecamatan Sako juga diarahkan untuk memiliki tanaman cabai dirumah, jadi pegawai, ketua RT RW bersama warga yang peduli, diharapkan bisa membudidayakan cabai itu sendiri dirumahnya dan tidak perlu jauh-jauh beli ke pasar sehingga tidak terpengaruh dengan inflasi dan harga cabai bisa turun.

Baca Juga :  Ketua MPR dan Maruarar Sirait Mendampingi Mahasiswa Petinggi Cipayung Plus Bertemu Menteri Investasi

“Bapak Pj Walikota mendorong setiap warga punya tanaman cabai sendiri di rumah untuk memenuhi kebutuhan sendiri, makanya disebar secara merata, semakin banyak semakin bagus. Ini program inovasi dari pak Ratu Dewa itu untuk menurunkan inflasi harga cabai yang mahal, makanya dibuatlah kampung cabai sekaligus untuk memotivasi kita,” Bebernya.

“Secara pasif Camat, Lurah diminta untuk mengembangkannya, dalam rangka membantu pemerintah kota Palembang menurunkan inflasi, kami mendorong masyarakat di wilayah kecamatan Sako untuk mengalakkan Gerakan Menanam Cabai di setiap rumah,” Pungkasnya.