Selasa, 23 Juli 2024

Himpunan Mahasiswa Psikologi UKMC sukses menyelenggarakan Webinar dan Launching Jurnal Psikologi

Himpunan Mahasiswa Psikologi UKMC sukses menyelenggarakan Webinar dan Launching Jurnal Psikologi

mediasumatera.id – Semakin kompleksnya tantangan zaman modern yang dihadapi oleh individu dari masa kanak-kanak hingga lanjut usia menuntut pemahaman yang lebih mendalam dan aplikatif dalam bidang psikologi perkembangan. Dalam rangka menggugah minat dan eksplorasi pengetahuan dalam bidang psikologi perkembangan, Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC), Palembang, menyelenggarakan webinar yang berjudul: “Trend Riset Kekinian Psikologi Perkembangan dan Launching Journal of Life-Span Development” yang diselenggarakan pada tanggal 27 September 2023.

Himpunan Mahasiswa Psikologi UKMC sukses menyelenggarakan Webinar dan Launching Jurnal Psikologi
Kegiatan webinar ini diawali dengan kata sambutan oleh Dekan Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan, Agustinus Riyanto, SCJ, M.A. Kata sambutan juga diberikan oleh pihak Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI) yang diwakili oleh Dr. Iswinarti selaku Wakil Ketua Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI). Dalam sambutan, disampaikan tentang pentingnya pembahasan isu-isu terkait psikologi perkembangan sepanjang rentang kehidupan manusia, serta banyaknya peluang yang terbuka untuk mengeksplorasi berbagai aspek perkembangan manusia.

Materi webinar disampaikan oleh Brigitta Erlita Tri Anggadewi, M.Psi., Psikolog dan moderator oleh Diana Putri Arini, M.A., M.Psi., Psikolog. Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 140 orang peserta. Secara umum, webinar ini menjadi forum untuk berbagi informasi mengenai riset-riset psikologi perkembangan yang relevan dengan konteks zaman sekarang. Selama acara berlangsung, para peserta tampak aktif dan antusias. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta selama sesi diskusi dan tanya-jawab.Selain membahas tentang riset-riset terkini dalam psikologi perkembangan, melalui webinar ini, Program Studi Psikologi Universitas Katolik Musi Charitas meluncurkan sebuah jurnal yang berfokuspada bidang psikologi perkembangan dan diberi nama Journal of Life-Span Development. Peluncuran jurnal tersebut ditujukan untuk memfasilitasi publikasi riset-riset yang relevan terkait sepanjang rentang perkembangan hidup manusia.

Baca Juga :  105 Pasukan Yonif Mekanis 121/MK Hadiri HUT RI Ke-78 Dilapangan Astaka Pancing Medan

Selaku chief editor dari Journal of Life-Span Development adalah Diana Putri Arini, M.A., M.Psi., Psikolog yang juga adalah anggota Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI) dan dibantu oleh Triantoro Safaria, Ph.D. dari Universitas Ahmad Dahlan sebagai anggota tim editor. Adapun para angota reviewer journal of life-span development adalah Anselmus Agung Pramudito, S.Psi., M.A. dari Universitas Katolik Musi Charitas, Yulius Sunardi, M.S., Ph.D. dari Marquet University Amerika, Nofrans Eka Putra, S.Psi., M.A. dari Universitas Jambi, Monica Windria Satyajati, M.Psi., Psikolog dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, dan Dr. Itryah, S.Psi., M.A, dari Universitas Bina Darma Palembang.