Kamis, 13 Juni 2024

Komunitas Pendonor Darah Palembang Dikukuhkan

Komunitas Pendonor Darah Palembang Dikukuhkan

mediasumatera.id – Bertempat di Markas Palang Merah Indonesia Sumsel Jalan Kartini Nomor 8 Palembang pada Sabtu ( 22/7/2023) dilakanakan pengukuhan komunitas pendonor darah Palembang.(KOPDAR PALEMBANG). Hadir dalam acara pengukuhan komunitas pendonor darah Palembang adalah Bapak Erwin mewakili Kesbangpol , Dr Widya mewakili Dinas Kesehatan , Dr Kemas Yakub Kepala UDD PMI Sumsel, para relawan donor darah dan undangan lainnya. Sebagai ketua Kopdar Palembang adalah Jimmy Firmansyah dengan susunan kepengurusan lengkapnya sbb ; Dewan Pengawas Abdullah Haryadi, Junaidi. Ketua Jimmy Firmansyah, wakil 1 Sefri Hardedy, wakil 2 Sunardi. Sekretaris Desmarlinda, wakil sekretaris Mega Apriani, Nurhayati, Veny Liai, Shabrina Belinda. Bendahara Nyayu Deasy Febriyanti dilengkapi bidang Satgas Kgs M Fadli, Idril Syah, Jamilah, bidang sosial Sumarlin, Leo Handoko, Meyti Handayani, Nyimas intan, dan bidang humas M Novran, RM Fatrah, Guntur dan Febyanto.

Komunitas Pendonor Darah Palembang Dikukuhkan

Dr KemasYakub selaku kepala UDD PMI Sumsel dalam sambutannya mengatakan bahwa komunitas ini agar dapat saling bersinergi dengan komunitas donor darah lainnya seperti bulan bintang, palang merah dll sehingga dapat bekerasama dalam pengadaan darah yang dibutuhkan oleh penderita, apalagi kebutuhan darah di rumah sakit – rumah sakit di Palembang sangat tinggi, dalam sebulannya rata-rata dibutuhkan 1000 kantong darah. Melalui donor darah yang berarti menolong tidak selalu identik dengan uang ataupun material lainnya, kita dapat menolong dengan hal apapun yang terpenting dapat mengurangi beban ataupun masalah yang dihadapiorang lain. Contohnya saja adalah donor darah. Donor darah merupakan sebuah bentuk solidaritas kemanusiaan yang dapat dimasifkan, karena dengan donor darah, banyak orang yang tertolong untuk melanjutkan hidupnya. yang melekat pada masyarakat Indonesia.

Komunitas Pendonor Darah Palembang Dikukuhkan

 

Febriyanto salah satu pengurus KOPDAR Palembang saat dibincangi awak media mengungkapkan bahwa kriteria bagi yang akan mendonorkan darahnya tentunya, badan kita harus sehat. Namun ada kriteria khusus, yaitu usia minimal 17-65 tahun. Kalau perempuan itu hemoglobinnya harus 12 gram per desiliter, kalau kurang terkena anemia, berat badan tidak boleh kurang dari 45 kg. Tekanan darahnya pun harus normal 120/80. Kebutuhan darah dibagi menjadi empat jenis kebutuhan yaitu darah utuh, trombosit plasma dan sel darah merah. Bagi pendonor lebih 15, 25 kali, 50 kali akan mendapatkan penghargaan dari PMI, sedangkan yang lebih ari 75 kali donor darah mendapat pengharhaan dari ketua PMI provinsi dan yang lebig dari 100 kali akan di undang ke istana negara jika beruntung akan difasilitasi melaksanakan umroh.

Baca Juga :  Sistem Proporsional Tertutup Pemilu: Rakyat Coblos Partai, Bukan Caleg