Jumat, 12 Juli 2024
Daerah  

Mirisss…!!! 5 Bulan ADD Belum Cair, Para Kades Dan Perangkat Desa Di Ogan Ilir Gelisah.

Mirisss...!!! 5 Bulan ADD Belum Cair, Para Kades Dan Perangkat Desa Di Ogan Ilir Gelisah.

Ogan Ilir, mediasumatera.id – Dari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445H, banyak para Kepala Desa di Kabupaten Ogan Ilir yang gelisah dikarenakan Anggaran Dana Desa (ADD) tidak kunjung dikeluarkan.

Betapa tidak merana, disaat mendekati Hari Raya Idul Fitri 1445H, para ratusan Kepala Desa merasa gundah gulana karena ADD yang ditunggu-tunggu cair tidak kunjung terlihat hilal nya sampai selesai Hari Raya Idul Fitri 1445H.

Salah satu Kades di Ogan Ilir mengungkapkan keluh kesahnya kepada awak media bahwa kesusahan menghadapi Hari Lebaran disaat tidak ada uang.

” Susah nian kami pak hari lebaran kemaren, tidak banyak duit dipegang nak beli baju lebaran anak saja bingung apalagi nak buat ketupat dan lauk pauknya dikarenakan ADD belum kunjung keluar “, ujarnya kepada media ini ketika wawancara.

Hal senada juga disampaikan oleh Robert Macan selaku Ketua Ormas GRIB Jaya Kab. Ogan Ilir, banyaknya laporan yang masuk dari para Kades di Ogan Ilir terkait ADD tidak kunjung cair.

” Saya Robert Macan selaku Ketua Ormas GRIB Jaya Kab. Ogan Ilir mendapat banyak laporan dari para Kades, Perangkat Desa di Ogan Ilir yang mengeluhkan anggaran ADD belum keluar sampai detik ini pun, dapur tidak ngebul seperti biasanya dan para Kades ada yang ngetam padi dan mencari pekerjaan lain guna mencukupi kebutuhan harian sekeluarga nya “, ujar Robert, Jum’at (03/05/24).

Ditambahkan Robert, hal ini dapat memicu timbulnya berbagai permasalahan apabila ADD tidak kunjung keluar.

” Sekitar 5 bulan lah kalau ADD di Kabupaten Ogan Ilir ini belum keluar juga padahal itu sangat ditunggu-tunggu para perangkat Desa untuk kebutuhan sehari-hari nya. Kami ikut prihatin atas permasalahan ini, takutnya akan menimbulkan berbagai permasalahan di Desa, tidak menutup kemungkinan akan adanya indikasi korupsi di Dana Desa yang sudah keluar duluan ntah itu dari pembangunan jalan maupun dari anggaran lainnya “, terang Robert.

Baca Juga :  Siapa Yang Bertanggung Jawab, Pecahnya Mesin Mobil Akibat Terbentur Rel KA 07 Helvetia Medan

Robert Macan Ketua GRIB Jaya Ogan Ilir bersama Ardiansyah Ketua DPD AKJII Sumsel menelusuri pokok permasalahan ADD tidak kunjung keluar dan didapatkan hasilnya diduga dari masalah pajak masyarakat.

” Kita mendapatkan informasi dari salah satu Kades di Ogan Ilir, bahwa permasalahan ADD belum cair ini dugaan nya dari pajak masyarakat yang belum 75% disetorkan di masing-masing Desa dan ada juga Desa yang sudah mencapai nilai 75% pajak warga nya tetapi masih belum cair ADD nya karena menunggu dari Desa-desa lainnya dulu, Kasihan Desa yang sudah menunaikan 75% pajak warga nya masih belum cair ADD nya “, terang Ardiansyah.

Robert Macan menyampaikan keprihatinannya dan akan mengkonfirmasi ke Kepala Dinas PMD bagaimana solusi terkait ADD yang belum cair ini.

” Dalam waktu dekat ini kita dari GRIB Jaya Ogan Ilir akan meminta konfirmasi kepada Kepala Dinas PMD Ogan Ilir terkait ADD yang belum cair ini dan segera akan menghadap Bapak Bupati Panca guna meminta solusi permasalahan yang menimpa Ratusan Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kabupaten Ogan Ilir “, pungkas Robert.