Senin, 27 September 2021 12:28 WIB

Peringati HUT ke-61, Kader Karang Taruna Diminta Aktif Mengurai Persoalan Sosial Masyarakat

Oleh : | Editor : Egi Saputra
Dibaca :109 kali dibaca | Durasi baca : 3 Menit

MS, JAKARTA – Kader Karang Taruna diminta berkomitmen untuk terus memberikan baktinya kepada negeri. Salah satunya dengan membantu pemerintah mengurai persoalan sosial di tengah masyarakat khususnya masalah ekonomi di kalangan generasi muda.

“Karang Taruna harus adaptif, kreatif, inovatif, konektif, partisipatif dan kontributif untuk menjawab tantangan perubahan di masa pandemi ini,” kata Ketua Umum pengurus nasional Karang Taruna (PNKT), Didik Mukrianto saat syukuran HUT ke 61 Karang Taruna dan doa lintas agama untuk nusantara di Grand Mercure, Jakarta, Minggu, 26 September 2021.

Kader Karang Taruna kata Didik, harus terus berperan terhadap penguatan kemandirian ekonomi generasi muda, melahirkan dan menguatkan kelompok usaha bersama, serta usaha ekonomi produktif di Karang Taruna desa dan kelurahan. Dengan begitu, akan lahir lembaga ekonomi mikro di tingkat desa atau kelurahan yang dikelola Karang Taruna.

“Insyallah karang taruna mampu menjadi jaringan pasar ekonomi secara regional dan nasional. Semakin tumbuhnya social preneur juga menjadi ikhtiar yang akan terus kami kuatkan,” ujar Didik.

Menurutnya, momentum HUT ke 61 ini Karang Taruna harus mengukuhkan posisi sebagai garda terdepan perekat sosial, penyambung solidaritas, serta agen penting melawan kemiskinan dan ideologi radikal. Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam memerankan diri sebagai perekat sosial, menjadi penjaga moral, dan karakter bangsa.

Selain itu, Karang Taruna diminta aktif perang terhadap narkoba, terorisme, intoleran dan ideologi radikal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

“Anggota Karang Taruna harus mampu menjadi moral force, social kontrol dan agent of change. Sehingga melahirkan Social Leader atau Kepemimpinan yang berwatak sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MPKT, Gibran Rakabuming Raka menyerukan Karang Taruna baik tingkat nasional maupun daerah untuk terus memperkuat pengabdian sosialnya kepada masyarakat.

Baca Juga :  Presiden Susuri Jalan Malioboro Saksikan Pemberian Bantuan Tunai Bagi PKL dan Warung

“Saya mengajak Karang Taruna nasional maupun daerah untuk terus memperkuat pengabdian sosial bagi masyarakat. Moment HUT ke-61 Karang Taruna harus menjadi pengingat bagi kita semua untuk konsisten berkarya bagi bangsa,” kata Gibran.

Apalagi, sambung dia, saat ini bangsa Indonesia sedang berjuang untuk bangkit kembali dari pandemi covid 19. Sebagai bangsa yang tangguh, kata Gibran, jangan sampai ada narasi pesimistis dalam menghadapi kenyataan ini.

“Kader-kader Karang Taruna harus optimistis, karena sikap optimis akan meningkatkan imunitas kita sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan seberat apapun,” ujarnya.

Dalam kesempatannya itu, Gibran juga mengatakan akan pentingnya mensukseskan program vaksinasi dala upaya memberikan ketahanan kepada masyarakat terhadap covid-19.

“Dengan ketahanan itu, pemulihan ekonomi akan mudah dilakukan. Pesan saya kepada pengurus dan anggota Karang Taruna, mari satukan langkah dalam kesetiakawanan bersama mensukseskan program vaksinasi ini,”seru Wali Kota Solo tersebut.

“Berikan contoh untuk senantiasa taat kepada protokol kesehatan sebagai organisasi yang berbasis di wilayah terkecil yakni desa – desa, kelurahan dan RT/RW. Saya yakin Karang Taruna akan berperan aktif di mana pun kalian berada untuk membantu masyarakat terdampak pandemi saat ini,” sebut dia.

Oleh karena itu, dirinya berharap, Karang Taruna harus menjadi garda depan gerakan sosial bersama pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

“Jangan pernah lelah untuk terus berjuang dan memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial untuk masyarakat dan bangsa,” ujar Gibran.

Selain doa lintas agama untuk nusantara, Hut Karang Taruna ke-61 ini juga meluncurkan kartu tanda anggota Karang Taruna serta mengadakan syukuran secara sederahana dengan potong tumpeng dan memberikan bantuan secara simbolis kepada 300 anak yatim piatu yang ada di Jakarta yang disiarkan secara langsung melalui zoom meeting dan chanel Youtube.

Baca Juga :  Bagindo Togar Butar-Butar : Puan Belum Piawai Bahasa Rakyat

Acara yang digelar di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta ini menggunakan Protokol kesehatan yang ketat, Para tamu undangan yang hadir baik para jurnalis sebelum memasuki ruangan diwajibkan mengikuti test antigen, menggunakan masker dan mencuci tangan.

Hadir secara langsung, Gibran Rakabuming Raka (Ketua MPNKT), Rapsel Ali (Wakil Ketua MPNKT), Eko Patrio (Anggota MPNKT), Didik Mukrianto (Ketum PNKT), Deden Sirajudin (Sekjen PNKT), Doni Akbar (Wasekjen PNKT), Muslim (Wasekjen PNKT), Robby (Bendum PNKT).

Hadir melalui Virtual (zoom meeting), Zainudin Amali (Menpora RI), Zainut Tauhid (Wamenag), Tri Rismaharini (Mensos) dan seluruh kader Karang Taruna seluruh nusantara. (Medcom/Babe)

Komentar

News Feed