Sabtu, 24 Februari 2024

Rm. Jean Felix Moriceau, MEP Misionaris Perancis yang berusia 99 Telah Berpulang

Rm. Jean Felix Moriceau, MEP Misionaris Perancis yang berusia 99 Telah Berpulang

Palembang, mediasumatera.id  – Rm. Jean Felix Moriceau, MEP lebih dikenal dengan panggilan Opung Jean lahir pada tanggal 8 Nopember 1925 di Saint Anne Suerbrivet Perancis dan ditahbiskan di Paris 29 Mei 1949. Merupakan pastor misionaris di Keuskupan Agung Palembang. Hari ini Minggu, 21 Januari 2024 telah dipanggil Tuhan pada pkl.01.58 di RS Charitas Hospital Palembang. Pada hari Minggu, 21 Januari 2024 jenazah disemayamkan di gereja Katedral Santa Maria Keuskupan Agung Palembang Jalan Tasik 18 Palembang, selanjutnya pada Senin, 22 Januari 2024 Pukul 11.00 jenazah di antar menuju ke Paroki St Stefanus Martir Curup selanjutnya pada Selasa, 23 Januari jenazah disemayamkan di gereja Stasi St Fransiskus Sindang. Dan pada Rabu 24 Januari 2024 dimakamkan di komplek Gereja Stasi St Fransisskus Sindang Sumatera Selatan.Rm. Jean Felix Moriceau, MEP Misionaris Perancis yang berusia 99 Telah Berpulang

Kabar duka tentang meninggalnya Rm Jean Felix Moriceau,MEP disampaiann melalui rilis dan group medsos KaPal yang disampaikan oleh RP Alexander Pambudi,SCJ Sekretaris Keuskupan Agung Palembang.

Opung Jean atau Romo Jean Felix Moriceau, MEP yang belum lama ini tepatnya Juni 2019 merayakan syukur atas tahbisannya ke 70 tahun yang dirayakan di Stasi Tegal Arum yang saat itu juga bersamaan perayaan tahbisan imamat ke 25 tahun RD Yohanes Kristianto yang saat ini menjabat sebagai Vikjen Keuskupan Agung Palembang. Banyak tempat atau paroki yang sudah diayani oeh Opung Jean selama ini, baik Bengkulu, Curup, Sindang, Baturaja, Palembang dll. Saat perayaan syukur 70 tahun imamat opung Jean yang dihadiri Mgr Aloysius Sudarso SCJ dan Mgr Yohanes Harun Yuwono , dalam kotbahnya saat itu Mgr Sudarso mengatakan bahwa Rm Jean Felix Moriceau,MEP menjadi pemersatu dengan mempersatukan umat dengan Yesus Kristus Imam Agung yang telah membagikan imamatnya bagi kita yang sudah dipermandikan juga bagi imam-imam yang sudah ditahbiskan dan dikuduskan.Rm. Jean Felix Moriceau, MEP Misionaris Perancis yang berusia 99 Telah Berpulang

Baca Juga :  Kabar Duka, Al Ustad Al Habib Mahdi Berpulang

Opung Jean berusaha untuk berkomitmen pada kekudusan ini melalui ketaatan kepada Gereja, pelayanan kepada Gereja, kesatuan suka dan duka Gereja, dan kesetiaan yang diungkapkan melalui selibat. Kita ingin dengan hidup selibat mengekspresikan ikatan khusus dan pengabdian penuh kita kepada Tuhan, memungkinkan kita melayani orang lain tanpa memikirkan diri sendiri. Kesetiaan imam secara terbuka memanfaatkan kehadiran Allah yang tidak pernah meninggalkan Gereja. Kita berterima kasih kepada para misionaris dan para imam – imam yang menjalankan imamat Yesus Kristus, dan kami berdoa agar semua yang telah menerima Yesus Kristus juga dapat dipersatukan, dikuduskan, dan diselamatkan. Bersama-sama kita adalah gereja umat Tuhan yang dipersatukan oleh Tuhan di seluruh dunia. Karena kita bukanlah kesatuan yang sempit, kesatuan Tuhan menghendaki keberagaman diungkapkan dalam kesatuan. Kami bersyukur atas semangat dan spirit yang sudah diungkapkan dalam hidup sebagai imam oleh Rm Jean.

Rm. Jean Felix Moriceau, MEP Misionaris Perancis yang berusia 99 Telah BerpulangRomo Jean Felix meskipun sudah tua, dia tetap setia dan memberikan dorongan, penyertaan, dan teladan hidup bagi kita semua. Harapan kita, semoga umat yang dilayani oleh para imam ini juga bertumbuh dalam iman, menemukan kesatuan, membangun persatuan dan kesucian dalam hidup kita, membangun persatuan, dan siap diutus. Sebab masih banyak orang yang membutuhkan iman kepada Yesus Kristus. Rm Jean telah memampukan Gereja menampakkan karya Tuhan, kesatuan Tuhan di antara keluarga dan kaum muda di tengah kesulitan, kesatuan Tuhan dalam kemunduran dan peningkatan penderitaan. Semoga wajah Tuhan terlihat dalam komunitas kita sebagai sebuah gereja, berkat berkat para imam yang dengan setia menjalankan imamat mereka dan dengan demikian berusaha untuk menyenangkan kita semua. Kesalehan dan kesetiaan seorang imam merupakan kebahagiaan bagi umat Allah dan Gereja.Rm. Jean Felix Moriceau, MEP Misionaris Perancis yang berusia 99 Telah BerpulangRm. Jean merupakan inspirator handal yang ikut serta merawat dan ikut menyuburkan benih panggilan. Rm. Jean sangat peduli, perhatian. Kini misionaris ini telah tiada, telah kembali kepangkuan yang empunya kerajan Surga. Kita berdoa Semoga Opung Jean telah berbahagia di Surga. Selamat jalan Opung Jean menuju keabadian di surga.

Baca Juga :  BREAKING NEWS: Mantan Bupati Musi Rawas Radjab Semendawai Meninggal Dunia