Kamis, 13 Juni 2024
Lipsus  

Selama Ramadhan, PT KAI Perbolehkan Penumpang Buka Puasa di LRT Sumsel

Selama Ramadhan, PT KAI Perbolehkan Penumpang Buka Puasa di LRT Sumsel

Palembang, mediasumatera.id – PT KAI Divre III Palembang memperbolehkan penumpang Light Rail Transit (LRT) Sumsel untuk berbuka puasa di dalam gerbong kereta selama Ramadhan 1444 Hijriah dengan beberapa syarat dan ketentuan.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengungkapkan, sebagai wujud toleransi dan menghargai penumpang yang sedang menjalankan ibadah puasa, pihaknya mengizinkan penumpang membawa makanan ringan dan air mineral untuk berbuka puasa saat waktu bedug maghrib.

“Diperbolehkan untuk makan dan minum, tapi terbatas hanya makanan/snack ringan dan minuman di dalam botol untuk berbuka puasa,” ungkapnya, Jumat (24/3/2023)

Menurut Aida, ketentuan itu berlaku untuk penumpang berbuka puasa apabila masih dalam perjalanan.

Mengingat perjalanan LRT terakhir adalah pukul 19.01 dari stasiun DJKA dan 19.55 dari stasiun Bandara.

“Petugas di dalam LRT akan mengingatkan penumpang apabila waktu berbuka telah tiba,” bebernya.

Ia menuturkan, aturan penumpang pada Ramadhan tahun ini cukup berbeda.

Jika sebelumnya, penumpang tidak diizinkan makan dan minum di dalam gerbong selama di perjalanan guna menjaga rasa aman dan nyaman terhadap penumpang lainnya.

“Kalau tahun kemarin diperbolehkan berbuka puasa dengan membawa air mineral. Untuk tahun ini kita perbolehkan untuk penumpang membawa makanan ringan di saat jam berbuka puasa,” tandasnya.

Kendati begitu, Aida mengingatkan penumpang tetap menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah di dalam LRT usai berbuka puasa.

Selain itu, penumpang diimbau tetap tertib selama waktu berbuka sehingga tidak mengurangi kenyamanan bagi penumpang itu sendiri.

“Tentu harus menjaga kebersihan, dan saling jaga kenyamanan sesama penumpang,” tutupnya.

Baca Juga :  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga berpesan agar pembangunan di Kabupaten Simalungun harus dilaksanakan secara menyeluruh