Selasa, 24 Agustus 2021 11:24 WIB

Tongkat Estafet Itu Harus Diteruskan

Oleh : | Editor :
Dibaca :286 kali dibaca | Durasi baca : 3 Menit

OPINI RAKYAT
Tongkat Estafet Itu Harus Diteruskan

MEDIASUMATERA.ID-PALEMBANG : Ir. H. Eddy Santana Putra, MT (sebelah kiri kemeja putih) berjalan bersama Ir.basyaruddin Akhmad.M,sc (sebelah kanan mengenakan seragam PNS)

Obrolan ngopi sore diteras rumahku, tanpa sengaja aku tertegun melihat foto ini.

Rasanya ingin bercerita tentang dua sosok fenomenal yang ada dalam foto ini,

Di foto ini terdapat sosok Walikota hebat yang pernah ada, siapa yang tak kenal dengan Edi Santana Putra, bagi masyarakat kota Palembang Edi Santana Adalah mantan Walikota Palembang yang telah menjadi tokoh pemimpin melegenda karena prestasinya.

Sejarah mencatat, Dua periode memimpin Kota Palembang, Ir. H. Eddy Santana Putra, MT meninggalkan kesan manis bagi masyarakat Kota Palembang.

Berkat tangan dinginnya, Kota Palembang yang sebelumnya terkenal kumuh dan sarana yang kurang memadai, menjelma menjadi lebih baik dibawah pengelolaan beliau (Eddy Santana).

Tongkat Estafet Itu Harus Diteruskan

Udin salah seorang warga Palembang yang ikut bincang bincang santai bersamaku sore ini, Udin juga mengakui banyak prestasi selama Eddy Santana menjabat Wali Kota Palembang.

“Selama dua periode memimpin kota palembang, banyak pencapaian yang diraih kota palembang. APBDnya melejit, kota Palembang dirubah menjadi kota metropolitan dan kota internasional, selain itu keberhasilan penataan air bersihnya, pengendalian banjirnya bagus, belum lagi instalasi Listrik, angka kriminal menurun signifikan, dan masih banyak lagi pencapaian beliau,” ucap Udin yang merupakan tetanggaku. Selasa (10/08/2021)

Namun lihatlah kota Palembang saat ini, jika dilanda hujan, genangan air mulai tampak dibeberapa daerah, kesan kumuh di pasar tradisional pun mulai mewarnai, ada lagi target pendapatan pajak yang masih jauh dari harapan, dan banyak lagi berbagai permasalahannya.

Kerinduan dari lubuk hati seorang “Udin’ seakan mewakili sebagian besar keinginan masyarakat kota Palembang yang merindukan Palembang kembali berjaya seperti dulu,

Baca Juga :  H Mawardi Yahya : Perkembangan Kabupaten Ogan Ilir Jalan Di Tempat

Di benakku pun bertanya, akankah prestasi dan kegemilangan kota Palembang terulang kembali seperti di jaman Edi Santana kala itu.?
Kemudian mataku kembali memandang foto tersebut, perhatianku kini terfokus pada sosok yang berjalan bersama pak Edi Santana yang tepat disebelahnya.

Mungkin sebagian warga kota Palembang belum mengenal persis siapa beliau, namun kalu diibaratkan, sosok ini tak ubahnya seperti “Mutiara yang terpendam” di kota Palembang.

Beliau adalah sosok dibalik suksesnya perhelatan internasional Asian Games 2018 di Palembang.

Dia lah Ir.Basyaruddin Akhmad.M,sc atau lebih akrab dikenal dengan sapaan kak Basyar.

Basyaruddin Ahmad merupakan tokoh berpengalaman di bidang pembangunan infrastruktur, dan saat ini beliau dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas PU Perumahan dan Pemukiman Provinsi Sumsel,

Bercerita ketika mempersiapkan perhelatan asian games tahun 2018 lalu, beliau ditugaskan oleh gubernur saat itu untuk mempersiapkan segala keperluannya,

Dari persiapan lahan, infrastruktur sarana olahraga, penataan fasilitasnya, bahkan desain dan kesiapan segala sesuatunya,

Dan ironisnya, tugas itu harus diselesaikan dalam waktu singkat, yakni hanya punya waktu kurang dari 2 tahun dan harus beres semuanya.

Menurutku, tugas berat itu hampir mustahil diselesaikan dengan waktu se singkat itu,

Namun berkat kepiawaiannya dan pengalaman beliau semuanya itu menjadi nyata.

Hasilnya bisa kita lihat keindahan dan kemegahan kawasan Jakabaring saat ini, Jakabaring seakan menjelma menjadi sebuah kota baru di Palembang,

Jakabaring mencermin keberhasilan penataan yang sangat indah, kita bisa melihat kelengkapan fasilitas olahraganya yang di desain unik menambah kesan modern dan profesional, belum lagi penataan lingkungaannya yang indah nan asri, serta penataan wilayah pemukimannya yang memberikan kesan teratur dan rapih.

Kesuksesan terlaksanannya Asian games 2018 tak bisa dipungkiri ada jasa dan hasil karya beliau (Kak Basyar) yang terbilang besar,

Baca Juga :  PUSTAKAWAN UNIKA MUSI CHARITAS MENJADI PUSTAKAWAN BERPRESTASI 2021 PROVINSI SUMATERA SELATAN

Berkat jasa kak Basyar, nama kota Palembang berhasil menjadi besar bahkan terkenal sampai ke manca negara, dan sampai kini keindahan Jakabaring telah menjadi icon Sumatera Selatan.

Jika memperhatikan dua tokoh yang berjasa ini, saya melirik ada kesamaan dari keduanya.

Edi Santana dan Basyaruddin Ahmad (kak Basyar) sama sama memiliki latar belakang tehnik, sama sama memiliki jiwa konseptor dan visioner dalam membangun. Dan Sama sama memperhatikan kesejahteraan masyarakat miskin.

Saya melirik akun medsosnya kak Basyar, ada kepedulian terhadap masyarakat lemah, hal ini terlihat banyak postingan kegiatan sosial yang telah beliau perbuat kepada masyarakat kota Palembang.

Dari kesamaan dua tokoh ini, seperti kesuksesan dan kejayaan kota Palembang bisa terulang kembali,

Andai saja tokoh seperti kak Basyar ini mau menjadi walikota kami. Sepertinya ini jawaban dari kerinduan warga kota Palembang yang mengulangi sejarah keberhasilan kotanya.

Dan, andaikan tongkat estafet kepemimpinan Edi Santana itu bisa dilanjutkan ditangan piawai Kak Basyar. Harapan warga kota Palembang akan menjadi kenyataan.

Penulis: Yusmah Reza Zaini (Ketua DPP PKPI Sumatera Selatan)

Komentar

News Feed