Sabtu, 23 September 2023

USMB di Gelar Unsri Bersama 13 PTS se Sumsel

USMB di Gelar Unsri Bersama 13 PTS se Sumsel

Palembang, mediasumatera.id – Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar ujian saringan masuk bersama 13 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)
untuk memberikan kemudahan kepada calon mahasiswa mengikuti seleksi masuk Unsri dan pilihan terakhir ke PTS yang diinginkan.

“Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) itu merupakan jalur mandiri masuk Unsri, jika peserta USMB tidak lulus, bisa langsung diarahkan masuk ke PTS yang dipilih tanpa harus mengikuti tes lagi,” kata Wakil Rektor Unsri Bidang Akademik Zainuddin Nawawi di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan 13 PTS di Sumsel yang berpartisipasi dalam USMB tahun akademik 2023 ini yakni Universitas Bina Darma, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Katolik Musi Charitas, Universitas MDP Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Universitas PGRI Palembang.

USMB di Gelar Unsri Bersama 13 PTS se Sumsel

Kemudian Universitas Tridinanti, Universitas Sumatera Selatan, Universitas Taman Siswa, Stisipol Candradimuka, STIE/Akubank Mulia Darma Pratama, serta Universitas Serasan Muara Enim, dan Universitas Musirawas.

Kegiatan USMB Unsri Palembang dan 13 PTS tersebut untuk program Sarjana Strata Satu (S1), Diploma Tiga (D3) dan alih program.

Bagi lulusan SMA sederajat yang akan mengikuti USMB program S1 bisa mendaftar pada 16 Mei hingga 24 Juni 2023 serta

untuk program D3 dan D3 ke S1 bisa mendaftar pada 16 Mei hingga 8 Juli 2023.

Sedangkan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer(UTBK) untuk lulusan SMA ke program S1 pada 27-30 Juni dan pengumuman kelulusan masuk Unsri atau PTS yang dipilih pada 6 Juli 2023.

Sedangkan untuk program D3 dan program D3 ke S1 pelaksanaan UTBK pada 11 Juli 2023 dan pengumuman kelulusan masuk Unsri atau PTS

kelulusan masuk Unsri atau PTS yang dipilih pada 6 Juli 2023.

Baca Juga :  Breaking News Mantan Bupati OKU-Wagub Sumsel Eddy Yusuf Meninggal Dunia

Sedangkan untuk program D3 dan program D3 ke S1 pelaksanaan UTBK pada 11 Juli 2023 dan pengumuman kelulusan masuk Unsri atau PTS yang dipilih pada 14 Juli 2023.

” Kami menyediakan daya tampung untuk 2.000 lebih calon mahasiswa baru lewat jalur mandiri,” pungkasnya.

Sementara Wakil Rektor Universitas Bina Darma Izman menambahkan sebagai salah satu PTS yang berpartisipasi dalam USMB, pihaknya mendukung kegiatan tersebut.

Berdasarkan data penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, pihaknya bisa menjaring 400 mahasiswa baru masuk ke Universitas Bina Darma dan diharapkan pada tahun ini bisa lebih banyak lagi.