Senin, 8 November 2021 13:57 WIB

Gua Maria Mater Misericordiae Sukomoro, Wisata Rohani Umat Katolik di Pinggiran Kota Palembang

Oleh : | Editor : Fitri
Dibaca :9.012 kali dibaca | Durasi baca : 2 Menit

mediasumatera.id-Palembang

Mungkin banyak yang belum tahu jika tidak jauh dari Palembang, tepatnya di Sukomo Banyuasin yang jaraknya sekitar 18 kilometer dari kota Palembang ada tempat ziarah rohani bagi umat beragama Katolik yang sangat sejuk, indah damai dan menarik tak kalah dengan tempat ziarah yang telah mendunia seperti Lourdes dan Fatima maupun Gua maria Sendangsono Yogyakarta, Puhsarang di Kediri, Gua Kereb di Ambarawa, Gua Maria Bunda Segala Bangsa di Bukit Nilo Maumere, Graha Maria Annai Velangkanni Medan dll. Salah satu alternatif tempat yang perlu dicatat dalam agenda perjalanan ziarah Bunda Maria adalah Gua Maria Mater Misericordiae yang lokasinya di desa Sukomoro, Banyuasin Sumatera Selatan Lokasi ini di komplek Panti Werdha / Rumah Jompo Sumarah yang dikelola oleh Yayasan Pansos Bodronoyo dalam naungan Komisi Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Palembang.

Gua Maria Mater Misericordiae Sukomoro, Wisata Rohani Umat Katolik di Pinggiran Kota Palembang

Tempat ziarah ini secara teritorial berada di wilayah pelayanan Paroki Santo Stefanus Talang Betutu Palembang, jika dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja. Ketika memasuki gerbang kompleks ziarah, suasana sunyi, sepi dan tenang begitu terasa. Tampak pepohonan besar berdaun hijau nan rindang dengan batang yang kokoh menjulang tinggi. “ Karya Tuhan Selalu tak terdug dan luar biasa “ ungkap Romo V.Avien Triatmodjo Setiawan, imam yang turut mengelola tempat ziarah ini. Tempat ini diresmikan dan diberkati oleh Mgr Aloysius Sudarso,SCJ pada tanggal 8 Desember 2008 pada saat hari raya Maria dikandung tanpa noda. Saat ini Minggu ( 7/11/202) saat mediasumatera.id mengunjungi tempat ini, di komplek peziarahan sedang dibangun tempat untuk melakasanakan jalan salib yang megah mirip tempat di pulau Galang Bintan. Menurut Romo Joko Susanto Silvester yang saat itu berada di lokasi dikatakan tempat jalan salib akan diresmikan pada tanggal 12 Desember 2021 yang akan datang. Setiap hari dan utamanya pada hari Minggu terlihat beberapa umat yang datang dari luar kota seperti dari Jakarta, Lampung, Klaten serta beberapa kota lainnya sudah mengunjungi tempat ini.

Baca Juga :  Pemuda GBKP Atau PERMATA Melaksanakan Kegiatan Natal Dimasa Pandemi Dengan Khidmat

Gua Maria Mater Misericordiae Sukomoro, Wisata Rohani Umat Katolik di Pinggiran Kota Palembang

Tidak jauh dari tempat ziarah Gua Maria Mater Misericordie para peziarah juga dapat berbagi kasih dengan para lansia di Panti Werdha Sumarah dan juga bagi saudara-saudara yang sedang menjalani rehabilitasi narkoa di Lemaga Rehabilitasi NAPZA Griya Anak sayang Nazareth yang berjarak 200 meter dari komplek. Jika ada umat yang dari luar kota perlu penginapan, tidak jauh dari tempat tersebut sekitar 500 meter Wismalat Podomoro yang memiliki puluhan kamar dengan air tanah yang segar dingin tersedia dengan suasana sejuk, hijau dengan beragam pepohonan rindang serta suasna pedesaan yang tenang. Dan jika memerlukan pendampingan rohani dapat menghubungi Romo Bonifacius Djuana Pr yang setiap saat berada di tempat ini. ( daris )

Gua Maria Mater Misericordiae Sukomoro, Wisata Rohani Umat Katolik di Pinggiran Kota Palembang   Gua Maria Mater Misericordiae Sukomoro, Wisata Rohani Umat Katolik di Pinggiran Kota Palembang

Komentar