Rabu, 16 Juni 2021 23:01 WIB

Sulit Memilih Perkuliahan di Masa Pandemi, Menentukan Jurusan Yang Semakin Dibutuhkan Untuk Peluang Kerja Yang Terbuka Lebar

Oleh : | Editor : Junaidi Hutauruk
Dibaca :365 kali dibaca | Durasi baca : 2 Menit

Tahun 2021 ini dalam hal mencari pekerjaan di zaman pandemi semakin sulit, dan sebagian calon mahasiswa mulai mempertimbangkan jurusan yang sangat dibutuhkan didunia kerja

MEDIASUMATERA.ID-PEMATANGSIANTAR : Dahulu semua orang sangat banyak pilihan dalam memilih Jurusan yang sangat dibutuhkan, tetapi di tahun 2021 ini sangat berbeda sekali karena adaptasi New Normal atau Kenormalan Baru. (Rabu, 16-6-2021).

Victor Asido Elyakim Panggabean sosok Dosen yang mengajar di salah satu universitas yang ada di Kota Pematangsiantar, mengatakan, Mulai tahun 2020 perkuliahan sudah dimulai dengan kuliah daring (dalam jaringan), bahkan banyak dunia pendidikan kampus yang selama ini mengandalkan sistem tatap muka menjadi kebingungan, karena tidak menyangka akan sistem komputerisasi akan menjadi senjata utama Dosen dalam mengajar. Ungkapnya.

Victor Asido Elyakim Panggabean menambahkan, dari pandangan saya sebagai Pengajar di salah satu Perguruan Tinggi Kota Pematangsiantar, sangat perlu banyak pertimbangan yang harusnya dilakukan oleh calon mahasiswa, bukan hanya memilih Perguruan Tinggi yang diminati.

Bahkan banyak Perguruan Tinggi yang belum siap menghadapi dunia teknologi yang semakin dibutuhkan oleh para Dosen dalam mengembangkan pengajarannya.

Sehingga setiap dunia pendidikan dan perguruan tinggi menggelar kegiatan perkuliahan mereka dengan secara online untuk menekan penyebaran wabah Covid-19.

Namun dengan situasi seperti ini, banyak juga menyurutkan antusiasme calon mahasiswa bahkan mahasiswa yang sudah menjalani perkuliahan didalam melanjutkan studi di jurusan yang mereka dambakan, akibat selama ini hanya mengandalkan sistem manual atau tatap muka.

Sulit Memilih Perkuliahan di Masa Pandemi, Menentukan Jurusan Yang Semakin Dibutuhkan Untuk Peluang Kerja Yang Terbuka Lebar
Program Studi dan Jurusan yang Dibutuhkan pada Dunia Kerja sangat menentukan dalam melamar Pekerjaan

Jurusan-Jurusan yang diperlukan tahun 2021

Dalam menentukan perkuliahan yang sangat bagus dan baik di tengah zaman pandemi ini, jurusan atau program studi terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak yang ingin calon mahasiswa memilih jurusan yang banyak diminati atau favorit, tetapi terhalang akan biaya kuliah.

Baca Juga :  Momentum Haul Bung Karno 2021, PAC PDI Perjuangan Medan Denai Adakan Giat Gotong Royong Massal (Gomas) Ajak Masyarakat Warisi Spiritnya

Tahun 2021 ini dalam hal mencari pekerjaan di zaman pandemi semakin sulit, dan sebagian calon mahasiswa mulai mempertimbangkan jurusan yang sangat dibutuhkan didunia kerja.

Dari pandangan saya sebagai Pengajar di salah satu Perguruan Tinggi Kota Pematangsiantar, sangat perlu banyak pertimbangan yang harusnya dilakukan oleh calon mahasiswa, bukan hanya memilih Perguruan Tinggi yang diminati, tetapi apakah Perguruan Tinggi tersebut sudah banyak mahasiswa yang lulus bahkan sudah banyak diterima di dunia kerja, serta dalam menghadapi pandemi Covid-19 pada tahun 2020 para Dosennya juga tidak ketinggalan zaman pada dunia teknologi informasi dan mendapat predikat yang terbaik di Indonesia.

Berikut ada beberapa program studi yang disarankan untuk dapat dipilih dimasa pandemi Covid-19 antara lain

Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Jaringan Internet, Bisnis Digital, Artificial Intelligence dan Teknik Robotika, Cyber Security, Desain Komunikasi Visual, Komputer Akuntansi, Science Data.

Jurusan ini sangat menjadi kebutuhan setiap perusahaan yang akan berkembang dan dibutuhkan dimasa depan.

Sebagai calon mahasiswa perlu melihat prospek kerja jurusan kuliah ke depan. Apakah jurusan akan banyak dibutuhkan di masa depan atau tidak.

Meskipun jurusan penting, tapi tetap tidak 100% karier seseorang ditentukan oleh jurusan kuliah. Selain memilih jurusan, soft skill juga menentukan seseorang mudah saat mencari pekerjaan.

Dan calon mahasiswa tetap harus mengasah kemampuan agar dapat bersaing didunia kerja. Banyak pelatihan yang dapat membantu meningkatkan soft skill dan hard skill.

Sebagai calon mahasiswa jangan sampai salah memilih jurusan, pilihlah yang terbaik dan dibutuhkan dimasa yang akan datang. (Victor Panggabean).

Komentar

News Feed