Selasa, 23 Juli 2024

SMA Kusuma Bangsa Lolos Ke Tahap Kompetisi Sains Madrasah Provinsi

SMA Kusuma Bangsa Lolos Ke Tahap Kompetisi Sains Madrasah Provinsi

Palembang, mediasumatera.id – Setelah melalui seleksi dan kompetisi beberapa tahap, akhirnya pada Jumat, (5 /7/2024) diumumkan pemenang kompetisi sains Madrasah ( KSM) tingkat kota Palembang melalui laman https://ksm.kemenag.go.id. Dari sekolah madrasah dan sekolah lainnya, untuk pertama kalinya SMA Kusuma Bangsa Palembang yang beralamat di Jalan H.Abdul Rozak8 Ilir Kecamatan Ilir Timur III Palembang sebagai sekolah swasta umum tak ketinggalan juga mengirimkan peserta dalam kompetisi Sains Madrasah tersebut dan tak sia-sia langsung menyabet juara pertama bidang Geografi atas nama Fattan Rendragraha Adinegara juga team “ tiga jenaka “ meraih juara pertama beregu bidang sosial sains terpadu matematika, fisika, kimia, biologi, geografi dan ekonomi atas nama Justin Franklin, Glen Demastian, Davin Putra Tanumiharja.

Mengusung tagline baru Madrasah “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia”, bahwa pelaksanaan KSM tahun 2024 ini mempunyai beberapa distingsi, diantaranya adalah kompetisi yang bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024 menambahkan kompetisi beregu di mana penekanan diberikan pada kerja-kerja kolaborasi yang merupakan hal penting dalam kegiatan saintifik di Abad 21. KSM 2024 juga meneguhkan rekognisi madrasah yang lebih luas baik nasional maupun internasional.

SMA Kusuma Bangsa Lolos Ke Tahap Kompetisi Sains Madrasah Provinsi

Hanny Octavia,S.Si,. M.Pd kepala SMA Kusuma Bangsa Palembang menjelaskan bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2024, KSM berupaya mengelaborasi sains, budaya, dan teknologi dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM digambarkan melalui framework.

Baca Juga :  “SAATNYA PENDIDIKAN DI SEKOLAH DISENTUH BUDI PEKERTI MELALUI SASTRA”

Hanny lebih lanjut menjelaskan bahwa pelaksanaan KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal mana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada satu sisi mulai menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat karena akses negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.