Sabtu, 24 Februari 2024
Agama  

Menjadi Pribadi Yang Tahu Bersyukur

Menjadi Pribadi Yang Tahu Bersyukur

SEMANGAT SIANG, mediasumatera.id – Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia! Pada hari ini gereja katolik sejagat merayakan Pesta Yesus Di Persembahkan Di Bait Allah.

Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Lukas 2: 22 – 40, yakni tentang Yesus Di Sunat Dan Diserahkan Kepada Tuhan – Simeon Dan Hana. Sebagai pribadi yang taat beragama, Maria dan Yusuf melakukan apa yang diwajibkan menurut hukum Taurat Musa, yakni semua anak laki laki sulung harus di Kudus kan bagi Allah. Oleh karena itu, Maria dan Yusuf membawa Anak Yesus ke Yerusalem untuk dipersembahkan kepada Tuhan. Juga persembahan persembahan yang lain menurut hukum Taurat Musa. Intinya, Maria dan Yusuf adalah orang yang taat dan patuh pada peraturan agama. Yang luar biasanya adalah saat Maria dan Yusuf serta Anak Yesus tiba di Bait Allah, ada dua orang yang saleh dan benar hidupnya dihadapan Allah, yakni Simeon dan Hana. Keduanya dipenuhi oleh Roh Kudus. Mereka menyambut dengan gembira kedatangan Sang Mesias, yakni Yesus di bait Allah. Bahkan Simeon tak henti hentinya memuji Allah, yang dikenal dengan kidung Simeon.

Demikian pula dengan Hana, dia memberikan kesaksian tentang Yesus yang adalah Sang Mesias. Dari Simeon dan Hana kita belajar ketekunan dan kesetiaan untuk beribadah kepada Tuhan di bait Allah. Juga dari keduanya kita belajar bahwa usia lanjut tidak menjadi alasan untuk tidak memberikan kesaksian tentang Yesus. Dan akhirnya dari Maria dan Yusuf, serta Yesus, kita belajar untuk selalu mempersembahkan hidup kita kepada Tuhan. Dan dari keluarga kecil Nazaret kita juga belajar, untuk selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan untuk segala sesuatu yang kita terima dari pada Nya dalam hidup ini. Jangan tunggu bahagia baru kita bersyukur kepada Tuhan, melainkan dengan selalu bersyukur, maka hidup kita akan selalu bahagia. Semoga demikian.

Baca Juga :  ICRP Berikan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Lintas Agama di Podomoro