Selasa, 23 Juli 2024
Agama  

Pejabat BIN Kepri Bambang Panji Cabut Laporan Terhadap Romo Paschal

Pejabat BIN Kepri Bambang Panji Cabut Laporan Terhadap Romo Paschal

Batam, mediasumatera.id – Pejabat BIN daerah Kepulauan Riau, Bambang Panji Prianggodo, telah mencabut pelaporannya terhadap Aktivis HAM Batam, Chrisactus Paschalis Saturnus alias Romo Paschal.

Pencabutan laporan itu dilakukan pada Jumat (17/3/2023) kemarin, dan atas dasar keinginan dari yang bersangkutan.

Kuasa Hukum Bambang Panji, Ade Darmawan dan Lechumanan membeberkan bahwa perseteruan antara Bambang dan Romo Paschal dianggap telah usai.

“Ada hal yang menggembirakan yang mungkin akan menjadi harapan kita semua terkait perseteruan antara Romo Paschal dan klien kami. Di sini kami menyampaikan bahwa LP yang kami layangkan ke Mapolda Kepri resmi kamk cabut atas perintah klien kami pada Jumat kemarin,” ujar Ade, Sabtu (18/3/2023) malam.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi pihaknya untuk mengintervensi atau tidak melaksanakan perintah dari Bambang Panji selaku kliennya untuk mencabut laporan tersebut.

Lechumanan menjelaskan perihal alasan pencabutan laporan itu. Kata dia, sebelum laporan dicabut, Bambang Panji sempat salat tahajud, meminta petunjuk atas masalah tersebut.

“Sebelum pencabutan, Pak Bambang salat tahajud, apakah lanjut atau setop laporannya. Dari salat, Pak Bambang lebih ke arah mencabut laporan. Kemudian saya diperintahkan untuk mencabut sekaligus menyampaikan kepada rekan-rekan media,” katanya.

Soal kans damai antara Bambang dan Romo Paschal, dia mengatakan jika batin sang klien sudah berdamai. Kisruh pun dianggap sudah berakhir.

“Kebatinan Pak Bambang itu sudah berdamai. Mau bulan suci ramadan juga. Sebagai umat beragama, beliau tidak mau berseteru. Mungkin lebih ke arah situ,” ujar Lechumanan.

Lalu, jika berbicara konstruksi hukum tidak ada yang namanya penekanan. Disampaikan dia bahwa pencabutan LP itu sama sekali tidak ada tekanan dari pihak manapun. “Ini murni keinginan dari Pak Bambang,” kata dia.

Baca Juga :  Paus Fransiskus Garisbawahi Nilai Universal Yerusalem dalam Pidatonya kepada Warga Palestina

Menurut Lechumanan, semakin panjang persoalan itu maka akan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. “Mungkin seperti itu pemikiran orang beragama,” katanya.

Dia menambahkan, Bambang Panji tak menutup kemungkinan akan bertemu dengan Romo Paschal pasca pencabutan laporan tersebut.

“Pasti kita akan lakukan pertemuan silaturrahmi, berjabat tangan dengan Romo Paschal. Saya rasa Romo juga tak menutup itu karena beliau juga salah seorang pemuka agama,” pungkas dia